Catat!, Wajib Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan :: Nusantaratv.com

Catat!, Wajib Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan

Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Masyarakat umum gunakan masker kain.
Catat!, Wajib Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan
Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19./dok.BNPB

Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia mulai 5 April 2020 memberlakukan program ‘masker untuk semua’. Program ini digalakkan mengikuti anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Demikian disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

“Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Yuri pada konferensi pers, Minggu (5/4/2020).

Yurianto mengatakan, masyarakat harus menggunakan masker kain saat ke luar rumah dan penggunaan masker kain ini disarankankan tidak lebih dari 4 jam, setelah itu masker tersebut harus dicuci dengan sabun.

Wajib menggunakan masker ini sudah menjadi perintah bagi seluruh warga negara Indonesia. Hal ini dikarenakan ada kekuatiran bahwa masih banyak orang terkonfirmasi positif corona yang masih bebas keluyuran di luar rumah sehingga akan menular ke orang lain yang sehat. Karena itu penggunaan masker sudah bukan lagi imbauan tapi sudah menjadi wajib.

Baca Juga: Prof. dr. Amin Soebandrio Curiga Penyebaran Virus Corona di Rumah Sakit Terjadi Lewat Udara

Lebih lanjut, ia cukup prihatin dengan angka kenaikkan kasus positif di Indonesia di setiap harinya. Hal ini salah satu sebabnya diduga karena masyarakat yang kurang peduli dengan penggunaan masker.

“Maka dari itu kami meminta mulai hari ini gunakan masker. Masker untuk semua, saling mengingatkan untuk menggunakan masker,” ujarnya.

Kasus positif di Indonesia dilaporkan telah terjadi penambahan sebanyak 181 sehingga saat ini kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 2.273. 

Sementara itu, jumlah pasien yang sembuh bertambah 14 orang sehingga total 164 orang. Dan yang meninggal bertambah 7 orang, sehingga jumlahnya menjadi 198 orang.

Sumber: cnbcindonesia.com

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0