Ada Badai Tropis 'Ferdinand', Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 25 Februari-2 Maret 2020 :: Nusantaratv.com

Ada Badai Tropis 'Ferdinand', Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 25 Februari-2 Maret 2020

BMKG Deteksi Keberadaan Badai Tropis 'Ferdinand' Pada 24 Februari 2020 di Samudera Hindia Selatan NTB.
Ada Badai Tropis 'Ferdinand', Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 25 Februari-2 Maret 2020
Monitoring cuaca di wilayah Indonesia. (Dok. BMKG)

Jakarta, Nusantaratv.com - BMKG mendeteksi keberadaan badai tropis 'Ferdinand' pada 24 Februari 2020 di Samudera Hindia selatan NTB (Nusa Tenggara Barat), serta sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Banten, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT (Nusa Tenggara Timur).

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara itu, Mulyono R. Prabowo, Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengatakan labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah.

Baca Juga: Menteri PUPR: Masalah Banjir Ibu Kota Negara, Semua Bertanggung Jawab

Kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal terutama di Pesisir Barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua - ujar Mulyono, melalui keterangan tertulis, Selasa (25/2/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontiniu disertai kilat.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat itu pada periode 25-28 Februari 2020, yakni Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: SDA DKI Jakarta Informasikan Update Tinggi Muka Air Dari Bendungan Katulampa Hingga Manggarai

Sementara pada periode 29 Februari hingga 2 Maret 2020, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Pulau Jawa, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin - tukas Mulyono.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0