Rektor Universitas Soka: Kami Ingin Belajar dari Pidato Megawati :: Nusantaratv.com

Rektor Universitas Soka: Kami Ingin Belajar dari Pidato Megawati

Yoshihisa yakin pidato Megawati bisa dijadikan bahan penelitian mahasiswanya
Rektor Universitas Soka: Kami Ingin Belajar dari Pidato Megawati
Megawati saat berpidato di Universitas Soka. (Dok. PDIP)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar doktor honoris causa (DR HC) oleh Universitas Soka, Rabu (8/1/2020). Megawati yang menyampaikan rasa terima kasih kepada perguruan tinggi ternama di Jepang itu, mengaku tak menyangka diberi gelar doktor kehormatan. 

Baca juga: Megawati Digelari Doktor Kehormatan Universitas Jepang, Rektor: Beliau Berani 

Ia bahkan bertanya mengenai latar belakang pemberian gelar tersebut. 

"Kalau dari Universitas Soka adalah masalah kemanusiaan. Dan menurut beliau, saya banyak membantu hal-hal tersebut. Karena mungkin juga mendengar apa yang saya lakukan di Indonesia," ujar Megawati dalam pidatonya di Gedung Utama Universitas Soka, Tokyo, Jepang. 

Menurut Mega, sapaan akrabnya, ia memang membentuk badan atau lembaga yang sangat berguna bagi masyarakat Indonesia. Contohnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

"Seperti antara lain membentuk badan yang sangat berguna, yang puluhan tahun tidak ada yaitu BMKG. Yang baru ketika saya jadi presiden terbentuk. Hal itu karena banyak sekali membantu masalah-masalah kemanusiaan," tutur Mega. 

Sementara, Rektor Universitas Soka, Yoshihisa Baba menyebut sepak terjang Megawati di bidang kemanusiaan sangat lah panjang. Megawati dinilai sudah kenyang dengan asam garam.

Nilai-nilai perjuangan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), menurut Yoshihisa harus diberikan penghormatan sebesar-besarnya, yaitu dengan memberikan gelar DR HC.

"Kami sudah dengar bahwa Ibu Megawati sudah aktif untuk kegiatan-kegiaran kemanusiaan selama bertahun-tahun," kata Yoshihisa kepada wartawan. 

Yoshihisa yakin ada pelajaran yang bisa dipetik dari berbagai pengalaman Megawati. Termasuk dari pidato yang ia sampaikan dalam kesempatan itu.

"Kami Universitas Soka ingin belajar dari pidato Ibu Megawati, dan pidato Ibu Megawati pasti bisa dijadikan penelitian Universitas Soka," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0