Kemenag Anjurkan Penggunaan Dana BOS Madrasah untuk Cegah COVID-19 :: Nusantaratv.com

Kemenag Anjurkan Penggunaan Dana BOS Madrasah untuk Cegah COVID-19

Kemenag Minta Madrasah Ikuti Protokol Kesehatan untuk Cegah Penyebaran COVID-19.
Kemenag Anjurkan Penggunaan Dana BOS Madrasah untuk Cegah COVID-19
Ilustrasi. (Merdeka)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Agama (Kemenag) menganjurkan penggunaan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Madrasah atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) RA digunakan untuk keperluan pencegahan pendemi virus corona (COVID-19). 

"Termasuk untuk penyelenggaraan pembelajaran daring atau jarak jauh agar ditempuh sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata A. Umar, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag di Jakarta, dilansir dari laman kemenag.go.id, Rabu (25/3/2020). 

Kemenag sebelumnya meminta madrasah di bawah naungannya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19. 

Jangka waktu belajar dari rumah untuk madrasah disesuaikan dengan ketentuan Pemerintah Daerah atau Gubernur setempat, termasuk perubahan perpanjangan masa belajar dari rumah yang menyesuaikan pada kondisi masing-masing daerah.

Baca Juga: Kemenag Perpanjang Jadwal Pelunasan Biaya Haji

Selain itu, Kemenag juga meminta madrasah berfokus pada peningkatan kecakapan hidup siswa dalam pemberian tugas selama pembelajaran jarak jauh ini. 

"Belajar dari rumah harus lebih menitikberatkan pada pendidikan kecakapan hidup. Misalnya pemahaman mengatasi pandemi COVID-19, penguatan nilai karakter atau akhlak, serta keterampilan beribadah siswa di tengah keluarga," terangnya. 

Umar menambahkan, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran terkait hal ini yang ditujukan kepada Kakanwil Kemenag Provinsi untuk dilanjutkan ke Kankemenag Kabupaten atau Kota dan madrasah. Edaran juga mengatur tentang mekanisme penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020/2021. 

PPDB dianjurkan untuk dilaksanakan secara online atau bentuk lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mekanisme penetapan hasil PPDB dilakukan oleh madrasah.

"Madrasah harus mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di madrasah," tukas Umar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0