Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan ke Puan :: Nusantaratv.com

Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan ke Puan

Menurut Rektor Undip ada proses panjang yang dilalui sebelum pemberian gelar
Ini Alasan Undip Beri Gelar Doktor Kehormatan ke Puan
Puan Maharani saat menerima gelar doktor honoris causa dari Undip.

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua DPR RI Puan Maharani dianugerahi gelar doktor honoris causa (HC) oleh Universitas Diponegoro (Undip), Jumat (14/2/2020). Puan diberi gelar doktor kehormatan bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan nasional. 

Baca juga: Raih Gelar Doktor Honoris Causa Undip, Puan: Rezeki 

Ketua Senat Akademik Undip Sunarso, mengatakan Senat Akademik secara bulat menyetujui penganugerahan doktor HC kepada Puan. 

"Penganugerahan gelar doktor kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan Undip kepada seorang putra/putri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap bangsa dan negara," ujar Sunarso di Kampus Undip, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). 

Puan juga dinilai secara nyata berkontribusi  terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain, terutama dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan, dan kesejahteraan umat manusia.

"Jadi, persetujuan bulat Senat Akademik Undip tentu karena melihat kontribusi beliau yang sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga perhubungan antarbangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan, baik secara pribadi, maupun beliau sebagai Kemenko (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan juga ketua DPR,'' tambah Rektor Undip Yos Johan Utama. 

Yos mengungkapkan, banyak pihak yang mengusulkan penyematan gelar doktor HC kepada Puan, bahkan sejak perempuan itu menjadi menko PMK. 

Antara lain budayawan Mohammad Sobary,  Muhadjir Effendy semasa menjabat mendikbud, Mahfud Md sebelum jadi menko polhukam, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumi Fakultas Ilmu Budaya (DPP IKA FIB) Undip, dan lainnya.

"Prosesnya sangat panjang, sekitar satu tahun, dan bukan tiba-tiba," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0