Gubernur Bali : Bali Jadi Provinsi Pertama Laksanakan Wajar 12 Tahun :: Nusantaratv.com

Gubernur Bali : Bali Jadi Provinsi Pertama Laksanakan Wajar 12 Tahun

Gubernur Bali : Tahun 2022 Bali Akan Jadi Provinsi Pertama Laksanakan Wajar 12 Tahun
Gubernur Bali : Bali Jadi Provinsi Pertama Laksanakan Wajar 12 Tahun
Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Bali Semester II Tahun 2019 di Denpasar/ Kemendagri

Denpasar, Nusantaratv.com - Gubernur Bali Wayan Koster memperkirakan pada tahun 2022 Provinsi Bali sudah bisa melaksanakan Wajib Belajar (Wajar) 12 tahun. Menurutnya, dengan kemauan yang kuat dan penggunaan anggaran yang tepat, target tersebut akan bisa terlaksana.

"Dengan terwujudnya itu, Bali dapat dipastikan akan menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mampu menjalankan Wajib Belajar 12 tahun," ujar Gubernur Bali di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali di Denpasar, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bali Sri Haryoso Suliyanto menyampaikan hasil pemeriksaan kinerja dengan tujuan tertentu kepada Pemprov Bali, Pemkot Denpasar, Pemkab Klungkung dan Pemkab Tabanan. Salah satunya adalah hasil pemeriksaan atas peningkatan kualitas pembelajaran melalui penjaminan mutu dan implementasi kurikulum dalam mewujudkan terselenggaranya wajib belajar 12 tahun di Provinsi Bali.

Baca Juga: Nadiem Didukung Ganti UN dengan Sistem Pendidikan Orde Baru

Gubernur Bali menyebutkan pada dasarnya Provinsi Bali belum pada posisi melaksanakan Wajib Belajar  12 tahun. Ia menambahkan, dalam satu tahun pemerintahannya, Wajar 12 tahun baru pada tahap proses perencanaan dan persiapan.

"Jadi memang secara perencanaan belum tuntas. Kami masih melakukan beberapa tahapan untuk bisa menuju Wajar 12 tahun tersebut," jelas Gubernur Bali.

Gubernur Bali menghitung dalam waktu kurang dari lima tahun, Wajar 12 tahun bisa dilaksanakan di Provinsi Bali, karena dari segi lulusan SMP dan daya tampung sekolah baik pendidikan formal maupun nonformal, secara statistik sangat memungkinkan untuk bisa melaksanakan Wajar 12 tahun.

"Kalau di tingkat menengah itu sudah 70% lebih lulusan SMP masuk ke pendidikan yang formal maupun nonformal SMA/SMK. Jadi saya sudah menghitung untuk menambah 30% nya lagi sekolah baru yang harus dibangun," kata Gubernur Bali.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0