Ganjar Bakal Tak Beri Izin Sekolah yang Gaji Guru di Bawah UMK :: Nusantaratv.com

Ganjar Bakal Tak Beri Izin Sekolah yang Gaji Guru di Bawah UMK

Menurut dia kondisi ini ironi, karena gaji guru di bawah para buruh
Ganjar Bakal Tak Beri Izin Sekolah yang Gaji Guru di Bawah UMK
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta sekolah swasta menggaji guru setara Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Ganjar sebelumnya mengintruksikan bupati dan wali kota untuk menggaji guru honorer di sekolah negeri setara UMK.

Baca juga: Peningkatan Kesejahteraan Dosen ​​​​​​Dinilai Lebih Penting Dibanding Impor Rektor

Pihaknya akan menjatuhkan sanksi terhadap pemerintah daerah dan yayasan pengelola sekolah yang tak menaati intruksi itu.

"Kalau tidak, tidak kami beri izin," ujar Ganjar di peringatan Hari Guru Nasional, Balairung Universitas PGRI Semarang, Sabtu (7/12/2019).

Menurut Ganjar, guru honorer SMA, SMK, dan SLB yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah menerima upah sesuai UMK. Tapi, guru SMP dan SD yang dikelola pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota, belum semua menaati intruksinya.

Supaya kabupaten dan kota melaksanakan perintahnya, Ganjar bakal mengawal penganggaran pendidikan di daerah. 

"Kami akan bicara dengan Kemendikbud, Kemenpan, dan Kemendagri agar mengawal penganggaran di kabupaten untuk bisa memenuhi itu," jelas dia. 

Ganjar berpandangan, gaji guru yang masih di bawah UMK merupakan ironi, sebab penghasilan mereka di bawah buruh. 

"Setiap hari saya debat dengan buruh soal kebutuhan hidup layak. Lha ini masih ada guru gajinya kok jauh di bawah buruh," tuturnya. 

Ia mengatakan pengawasan gaji guru sekolah negeri maupun swasta masuk salah satu bahan evaluasi sekolah dengan menggandeng PGRI Jawa Tengah. Dengan cara ini Ganjar berharap perbaikan sistem pendidikan di Jawa Tengah semakin ke arah yang lebih baik. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0