Eks Rektor UIN: Masa Depan Muslim Ada pada Islam Indonesia :: Nusantaratv.com

Eks Rektor UIN: Masa Depan Muslim Ada pada Islam Indonesia

Menurut dia umat Islam Indonesia harus bersyukur dengan hubungan harmonis agama dengan negara
Eks Rektor UIN: Masa Depan Muslim Ada pada Islam Indonesia
Azyumardi Azra (kanan) di Simposium Nasional Islam Nusantara.

Jakarta, Nusantaratv.com - Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra menyebut masa depan Islam dan penganutnya ada di Indonesia. Sebab, menurutnya Islam dengan pemikiran yang lebih moderat cuma ada di Indonesia.

Baca juga: Said Aqil: Jangan Harap Muncul Tokoh Besar di Masyarakat yang Konflik Tiap Hari 

"Masa depan Muslim itu ada pada Islam Indonesia, Islam Indonesia itu Islam wasathiyahumatan wasthan itu adanya hanya di Indonesia," ujar Azyumardi di Simposium Nasional Islam Nusantara, kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Azyumardi, dalam tataran bernegara, perbedaan pandangan Islam dan negara di Indonesia sudah selesai dibahas. Sementara di Timur Tengah, hal itu belum tuntas sehingga masih sering terjadi konflik. Artinya, Islam wasathiyah agak sulit terwujud di kawasan itu.

"Waktu menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi yang membahas umat wasathon, Mesir akan menerapkan konsep Islam wasathiyah namun tidak berhasil sampai sekarang karena budaya dan islam itu tidak kompatibel tidak seperti di Indonesia," tuturnya.

Menurut Azyumardi banyak negara di Timur Tengah coba menerapkan hubungan harmonis Islam dan negara seperti Indonesia. Namun kebanyakan mereka gagal.

"Banyak kalangan mencermati Islam wasathiyah, Qatar pun ingin mencontoh umatan wasthan itu atau Islam wasathiyah itu," jelas Azra.

Ia mengatakan umat Islam di Indonesia sepatutnya bersyukur dengan praktik beragama dan bernegara yang tak bertentangan di Tanah Air. Kondisi ini, kata Azyumardi tidak terlepas dari peran dua organisasi Islam terbesar di Indonesia  Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

"Kita beruntung umatan wasthan itu yang ada di Indonesia salah satunya Islam nusantara Islam yang terkenal dengan sebutan Nahdliyin, NU dan Islam berkemajuan, Muhammadiyah itu," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0