Anindya Kirana, Siswa MAN 2 Kota Malang Peraih Beasiswa Ritsumeiken Jepang :: Nusantaratv.com

Anindya Kirana, Siswa MAN 2 Kota Malang Peraih Beasiswa Ritsumeiken Jepang

Anindya Kirana Diterima di Jurusan International Relations and Peace Studies, College of the Asia Pacific Studies.
Anindya Kirana, Siswa MAN 2 Kota Malang Peraih Beasiswa Ritsumeiken Jepang
Anindya Kirana. (Dok. Humas Kemenag)

Jakarta, Nusantaratv.com - Anindya Kirana, siswa kelas XII MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), program Bahasa sukses diterima kuliah dengan beasiswa penuh dari universitas ternama di Jepang, Ritsumeiken Asia Pacific University Tokyo.

Binti Maqsudah, Kepala MAN 2 Kota Malang, mengungkapkan Anindya mendaftar ke universitas tersebut melalui jalur beasiswa 'Tuition Reduction Scholarship' secara online. Proses pendaftaran dan pengumpulan semua dokumen dilakukan secara online

"Setelah melalui proses 'Online Application Screening and Interview' yang sangat ketat, Anindya Kirana dinyatakan lolos dengan status beasiswa 100 Persen," ujar Maqsudah di Malang, dilansir dari laman kemenag.go.id, Selasa (10/3/2020).

Ritsumeikan APU gratis scholarship, kata Maqsudah, hanya memilih dua calon peraih beasiswa penuh 100 persen setiap tahun. Anindya diterima di jurusan International Relations and Peace Studies, College of the Asia Pacific Studies.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Pengukuhan Guru Besar Bidang Sosiologi UIN Sunan Ampel Surabaya 

Sementara itu, Anindya mengaku selain nilai TOEFL dan IELTS yang harus sangat baik (saat ini nilai TOEFL-nya 623 dan nilai IELTS-nya 8,5), ada tiga hal yang sangat mendukung diberikanya beasiswa penuh. 

Pertama, menurut Anindya, keikutsertaan dirinya secara aktif dalam banyak kegiatan video teleconference Generation Global yang selama ini diikuti oleh MAN 2 Kota Malang bersama sekolah-sekolah dari seluruh dunia. 

Kedua, jelas dia, keikutsertaan Anindya dalam program internasional di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM-IGSN Jamboree 2018). Dia menambahkan yang ketiga adalah keaktifannya sebagai ketua Klub Bahasa Jepang (Minobu) di madrasah ketika duduk di kelas XI. 

"Ketiga hal tersebut merupakan poin plus yang sangat penting untuk dipersiapkan bagi para pemohon beasiswa," tukas Anindya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1