Sejarah Korupsi di Indonesia dan Konstruksi Oligarki :: Nusantaratv.com

Sejarah Korupsi di Indonesia dan Konstruksi Oligarki

Perang Diponegoro yang terjadi pada tahun 1925-1930 itu sebenarnya terjadi karena korupsi
Sejarah Korupsi di Indonesia dan Konstruksi Oligarki
Sejarah korupsi di Indonesia dan konstruksi oligarki menjadi bahan diskusi. (Dok. Humas UI)

Jakarta, Nusantaratv.com - Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Penerbit Komunitas Bambu menggelar diskusi dan bedah buku 'Korupsi Dalam Silang Sejarah Indonesia: Dari Daendels (1808-1811) sampai Era Reformasi.' karya Peter Carey.

Dalam kesempatan itu, Peter Carey yang juga hadir sebagai pembicara, menceritakan korupsi yang terjadi pada saat masa kepemimpinan Pangeran Diponegoro.

"Perang Diponegoro yang terjadi pada tahun 1925-1930 itu sebenarnya terjadi karena korupsi. Selama hampir 200 tahun sejak Pangeran Diponegoro menampar patih karena korupsi penyewaan tanah, isu korupsi masih saja terus ada dan belum ada solusi," ujar Peter, di Ruang Apung Perpustakaan UI, Depok, Jawa Barat (Jabar), dilansir laman UI, Senin (7/10/2019).

Baca Juga: OTT Bupati Lampung Utara, KPK Sita Sejumlah Uang

Sedangkan Haris Azhar, Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, dalam diskusi ini 
membahas oligarki yang berperan sangat penting dalam produk hukum. "Jangan fokus hanya kepada angka korupsi yang fantastis, tapi coba lihat praktik-praktik bisnis yang mengontrol para pembuat kebijakan," jelas Haris.

Haris beropini bahwa oligarki mengonsepsikan hukum yang dapat menguntungkan mereka agar terdapat celah dalam produk hukum untuk bisa dikorupsi. Dan, partisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar korupsi bisa diminimalisir, menurut Haris, adalah ikut mengontrol hukum yang berjalan.

"Partisipasi masyarakat bukan hanya 5 tahun sekali saat pemilu, tapi 24 jam secara terus menerus. Konsolidasi yang sering diadakan di dalam kampus, harus mulai dibawa ke luar agar masyarakat luas juga bisa tahu apa yang didiskusikan," terang jebolan Fakultas Hukum Universitas Trisakti itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0