Warga Asli Wamena Pasang Badan Lindungi Pendatang di Papua :: Nusantaratv.com

Warga Asli Wamena Pasang Badan Lindungi Pendatang di Papua

Di Pegunungan Tengah Papua tepatnya Kabupaten Jayawijaya pendatang dilindungi warga asli
Warga Asli Wamena Pasang Badan Lindungi Pendatang di Papua
Warga asli Papua di Wamena yang melindungi para pendatang. (Cenderawasih Pos)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tak semua orang asli Papua (OAP) menghendaki kerusuhan di Wamena. Hal itu dibuktikan saat warga asli Papua membantu para pendatang. Bahkan, mereka memasang badan untuk keselamatan warga pendatang.

Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua, Befa Yigibalom mengatakan pendatang dari seluruh suku bangsa yang ada di Pegunungan Tengah Papua khususnya di Kabupaten Jayawijaya, diselamatkan warga asli Wamena.

"Aksi mereka melakukan penyelamatan kepada warga pendatang ini tentunya harus diberikan apresiasi. Ini membuktikan jika tidak semua anak asli daerah di Pegunungan Tengah Papua ini membenci masyarakat non Papua. Mereka sangat mengasihi maupun familiar," ujar Befa, Kamis (3/10/2019). 

Pria yang juga Bupati Lanny Jaya mengungkapkan, anak asli daerah menanggalkan pakaiannya untuk menjaga pertokoan milik warga non Papua. Hal ini dibuktikan dengan kondisi bangunan di bagian barat dan timur kota Wamena yang tidak terbakar, karena anak aksi Pegunungan Tengah Papua pasang badan.

"Di tengah terbakar. Timur dan barat tidak terbakar, karena anak daerah kami pasang badan menghalau keberutalan massa. Untuk itu, saya ingin memberitahukan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke bahwa penduduk di Pegunungan Tengah Papua ini penuh dengan kasih dan mereka melindungi," jelasnya.

Peristiwa kerusuhan 23 Sepetember yang lalu sangat disesalkan. Kejadian itu, menurut Befa pekerjaan setan yang begitu cepat seperti petir, sehingga aparat keamanan maupun masyarakat tak bisa membaca. Tapi yang perlu diingat, bahwa seluruh warga non Papua di Pegunungan Tengah Papua khususnya Jayawijaya tetap selamat karena mereka lindungi.

Baca juga: Anak-Istri Dibunuh Saat Kerusuhan Papua, Erizal Pura-pura Mati Demi Selamatkan Nyawa

"Tak hanya banyak keselamatan dari warga non Papua yang dilindungi, fasilitas mereka juga banyak yang dilindungi oleh anak-anak daerah Pegunungan Tengah Papua," tandasnya. (Cenderawasih Pos) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0