Ustad Tengku Sebut Ibu Kota Baru Mudah Dirudal China, Eks Panglima TNI Bantah :: Nusantaratv.com

Ustad Tengku Sebut Ibu Kota Baru Mudah Dirudal China, Eks Panglima TNI Bantah

Moeldoko sebut pertahanan ibu kota baru lebih baik dibanding Jakarta
Ustad Tengku Sebut Ibu Kota Baru Mudah Dirudal China, Eks Panglima TNI Bantah
Cuitan akun Twitter Ustad Tengku Zulkarnain

Jakarta, Nusantaratv.com - Ustad Tengku Zulkarnain menilai pemindahan ibu kota negara membahayakan pertahanan Indonesia, terutama dari China. Sebab mengacu garis lurus yang ia tarik dari Beijing, China, ke lokasi ibu kota baru di peta, menurutnya dengan mudah rudal diluncurkan dari negara itu ke Indonesia. 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko angkat bicara mengenai perkiraan Zulkarnain. Menurut dia, dari sisi pertahanan, wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur itu sudah diperhitungkan. 

"Rencana ibu kota baru itu sudah dipikirkan dari berbagai aspek, termasuk aspek pertahanan. Saya sendiri waktu itu memberikan pandangan dari sisi pertahanan," kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2019).

Moeldoko menegaskan, kondisi geografis Kalimantan mendukung upaya pertahanan negara. Bahkan disebut lebih baik dari Jakarta. 

"Karena, anggaplah mau terjadi apa, pertempuran kota. Di Jakarta jauh lebih sulit mengatasi karena banyak gedung-gedung. Cukup sulit. Dari sisi lindung tembaknya di Kalimantan cukup memadai untuk pertempuran berlanjut. Karena didukung oleh hutan-hutan yang relatif masih bisa digunakan untuk bertempur sangat baik," jelas mantan Panglima TNI.

Sebelumnya, Zulkarnain menilai pemindahan ibu kota mempermudah akses rudal China ke Indonesia. Karenanya ia meminta para ahli intelijen turut angkat bicara.

"Pindah Ibukota Sama Sekali Tdk Meningkatkan Nilai Ekonomi Apapun bagi Negara dan Rakyat Indonesia. Malah Secara Pertahanan Sangat Mudah Dijangkau China dgn Kapal Perang, Pesawat Tempur, bahkan Rudal China. Lurus dan Terbuka!" tulis Zulkarnain di akun media sosial Twitter miliknya, Selasa (27/8/2019). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0