Total 500 Personel TNI Tergabung di Kopssus :: Nusantaratv.com

Total 500 Personel TNI Tergabung di Kopssus

Personel operasional Koopssus TNI sebanyak 100 orang dibantu 400 anggota lainnya
Total 500 Personel TNI Tergabung di Kopssus
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantik Komandan Koopssus Brigjen Rochadi

Jakarta, Nusantaratv.com -Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan porsi kerja Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI lebih banyak melakukan pengintaian dan observasi jarak dekat. Persentase tugas di bidang tersebut mencapai 80 persen.

"Dan 20 persen baru penindakan, sehingga intelijen ada di fungsi penangkalan," kata Hadi usai pelantikan Komandan Koopssus Brigjen Rochadi di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (30/7/2019). 

Operasional Koopsus nantinya dikerjakan satu kompi atau 100 personel. Juga dibantu oleh 400 personel gabungan dari angkatan darat, laut, dan udara. 

Satu kompi personel Koopsus memiliki tugas tersendiri, yakni sebagai penindak. Sementara untuk personel pendukung bertugas untuk melakukan penanggulangan juga pengintaian.

Hadi menjelaskan Koopsus berada di dalam Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI dan secara struktur komando berada di bawah Panglima TNI.

Dengan posisi itu, kata Hadi, seluruh pasukan khusus dari matra AD, AL, AU bersiaga di Mabes TNI dan selalu siap digunakan oleh Panglima TNI atas perintah presiden.

Hadi pun menegaskan jika Koopsus TNI sama dengan Koopsusgab TNI yang pernah dibentuk oleh mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

"Saat itu belum ada undang-undangnya dan sekarang sudah ada UU-nya keputusan presiden dan peraturan presiden-nya untuk pembentukan Koopsus TNI," tandasnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0