Sebanyak 10 Ribu Aparat Keamanan Jaga Gedung KPU :: Nusantaratv.com

Sebanyak 10 Ribu Aparat Keamanan Jaga Gedung KPU

Total 47 ribu personel keamanan diterjunkan guna amankan penetapan capres-cawapres oleh KPU RI
Sebanyak 10 Ribu Aparat Keamanan Jaga Gedung KPU
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (tengah)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekitar 10 ribu personel aparat keamanan ditempatkan di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Personel gabungan yang terdiri TNI, Polri dan Pemprov DKI ini, berjaga guna mengamankan penetapan capres-cawapres Pemilu 2019 oleh KPU, Minggu (30/6/2019).

"Di KPU hampir 10 ribuan yang kita siagakan di sana gabungan dari TNI-Polri dan Pemprov yakni kesehatan, Damkar, Dishub dan Satpol PP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Sabtu (29/6/2019).

Aparat keamanan juga telah melakukan pemetaan titik-titik pengamanan. Bukan hanya menjaga kantor KPU, mereka juga mengamankan objek vital lainnya di Jakarta. Total kekuatan personel pengamanan yang diterjunkan sebanyak 47 ribu.

"Prinsipnya kita masih siagakan dan siapkan 47 ribu personel kemarin. Kita tempatkan di berbagai titik ada di Istana, MK, Bawaslu, KPU, DPR/MPR, semua masih terjaga ya, personel TNI-Polri masih disiagakan di lokasi," tuturnya. 

Untuk pengamanan komisioner dan staf KPU, hal itu bersifat situasional atau berlaku jika diperlukan.

"Jika merasa ada ancaman dan membutuhkan pengamanan, kami siap mengamankan, sifatnya situasional, sama seperti rekayasa lalin juga situasional namun untuk yang lalin itu subjektivitas petugas di lapangan, tapi skema rekayasanya sudah terbentuk," tandas Argo. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0