Sama Kayak Polri, Panglima Mau TNI Punya Dana Bencana :: Nusantaratv.com

Sama Kayak Polri, Panglima Mau TNI Punya Dana Bencana

Menurut Hadi, TNI selalu hadir terdepan saat bencana terjadi
Sama Kayak Polri, Panglima Mau TNI Punya Dana Bencana
Panglima TNI dan Kapolri.

Jakarta, Nusantaratv.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingin pihaknya memiliki dana kontijensi atau dana tanggap darurat kebencanaan seperti yang dipunyai Polri. Keinginan ini disampaikan  Hadi saat rapat dengan Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Panglima Hadi Mau TNI-Polri Tak Rebutan Peran 

Menurut Hadi, setiap kali bencana terjadi, seperti di gempa Lombok, Palu, Lampung, Selat Sunda, hingga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan, yang datang ke lokasi bencana pertama kali ialah TNI.

"TNI akan menghadapi masalah (saat menangani bencana) karena TNI tidak punya dana kontingensi. Kalau Polri enak, begitu ada masalah, langsung asesmen, bisa mengeluarkan dana. Kalau TNI, kita harus koordinasi dulu dengan BNPB," kata Hadi.

Kendati bisa bersinergi, menurut Hadi alangkah baiknya TNI memiliki hak yang sama dengan Polri. Sehingga, jika ada bencana yang harus ditanggulangi, TNI bisa seketika turun-tangan.

"Memang kami bermimpi, karena TNI sudah sinergitas dengan Polri begitu baik, memiliki satu hak yang sama. Polri punya dana kontingensi TNI juga," jelasnya. 

"Mudah-mudahan dengan kejadian di Australia ini akan jadi pintu masuk TNI punya dana kontingensi. Ini sangat penting, kalau tidak ada bencana ya anggaran itu tetap ada. Kalau ada bencana baru kita gunakan," imbuh Hadi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0