Said Aqil: Jangan Harap Muncul Tokoh Besar di Masyarakat yang Konflik Tiap Hari :: Nusantaratv.com

Said Aqil: Jangan Harap Muncul Tokoh Besar di Masyarakat yang Konflik Tiap Hari

Ia menegaskan pentingnya stabilitas keamanan di masyarakat
Said Aqil: Jangan Harap Muncul Tokoh Besar di Masyarakat yang Konflik Tiap Hari
Simposium Nasional Islam Nusantara.

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Utama (PBNU) Said Aqil Siradj mengingatkan pentingnya menjaga kedamaian antarmasyarakat. Menurut dia, tokoh-tokoh besar hanya akan muncul dari negara yang kondisinya aman dengan masyarakat yang tenteram dan damai.

Baca juga: Tolak WNI Eks ISIS Pulang, PBNU: Mereka Pembunuh dan Pemerkosa

"Jangan harap akan muncul pemikir besar, tokoh besar, ulama besar dari masyarakat yang konflik tiap hari, bom meledak setiap saat, jangan harap," ujar Said saat membuka Simposium Nasional Islam Nusantara di kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Said lalu menyinggung konflik yang terjadi di Timur Tengah. Menurutnya negara-negara Timur Tengah saat ini kebingungan guna mengakhiri konflik tersebut. 

Said menilai, konflik yang tak kunjung selesai di Timur Tengah disebabkan lantaran belum dipahaminya pemikiran yang menggabungkan agama dengan nasionalisme.

Kiai Said pun bersyukur Indonesia terbebas dari konflik dan perang saudara seperti di Timur Tengah, yang menurutnya berpotensi terjadi pasca-Pemilu 2019 lalu.

"Hampir perang saudara bayangan kita, (ternyata) tidak, masyarakat Indonesia punya komitmen hubbul wathon minal iman," jelas Said. 

Simposium Nasional Islam Nusantara sendiri digelar dalam rangka mengembangkan Islam Nusantara di ranah akademik. Khususnya dengan isu-isu yang berkaitan langsung dengan kehidupan manusia seperti kemiskinan, agraria dan pertanian, sampai perubahan iklim.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0