Polisi Pindahkan Pimpinan KNPB dan ULMWP ke Kaltim :: Nusantaratv.com

Polisi Pindahkan Pimpinan KNPB dan ULMWP ke Kaltim

Keduanya dipindahkan bersama lima tersangka kerusuhan Papua lainnya
Polisi Pindahkan Pimpinan KNPB dan ULMWP ke Kaltim
Aksi unjuk rasa masyarakat Papua pro kemerdekaan

Jakarta, Nusantaratv.com - Polda Papua memindahkan tujuh tersangka kerusuhan di Papua ke Kalimantan Timur (Kaltim). Merek rencananya akan disidangkan di pengadilan kawasan itu. 

Baca juga: Senin, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Wamena

"Tujuh tersangka yang diduga terlibat dalam aksi di Papua dipindahkan ke Kaltim," ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Menurut Asep pemindahan telah dilakukan. Namun ia tak merinci sejak kapan dilakukan. Pemindahan guna mencegah terjadinya konflik saat persidangan. 

Dua tersangka yang dipindahkan antara lain Wakil Ketua II United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni, serta Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay.

Asep tak menjelaskan alasan Kaltim dipilih menjadi daerah pemindahan. Pihaknya menegaskan, kepolisian takkan memenuhi permintaan keluarga agar para tersangka dikembalikan ke Papua.

"Iya, tentunya dengan penjelasan bahwa ini untuk keamanan bersama di sana," ucapnya.

Buchtar Tabuni sebelumnya ditangkap aparat Polda Papua pada 9 September di Waena, Kota Jayapura. Sedang Agus Kossay, diringkus di Kabupaten Jayapura pada 17 September. Keduanya disangkakan atas tindakan makar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0