Pesawat Tempur F-16 Dikirim ke Natuna, Siap Perang? :: Nusantaratv.com

Pesawat Tempur F-16 Dikirim ke Natuna, Siap Perang?

Hal ini sesuai perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto
Pesawat Tempur F-16 Dikirim ke Natuna, Siap Perang?
Pesawat F-16 TNI AU. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - TNI Angkatan Udara mengirim empat pesawat jet tempur F-16 ke perairan Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (7/1/2020). Pengiriman pesawat dari Skadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin untuk patroli ini, menyusul insiden masuknya kapal nelayan China yang dikawal kapal coast guard atau penjaga pantai mereka. 

Baca juga: Ketua MPR Yakin Provokasi China di Natuna Terus Berulang 

"Empat pesawat F-16 berangkat sekarang," ujar Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka di Pekanbaru, Riau, Selasa (7/1/2020). 

Menurut Ronny, pesawat jet tempur buatan Amerika Serikat ini memang tengah operasi di wilayah barat Indonesia, namun karena ada peningkatan eskalasi di Laut Natuna Utara, keberadaannya digeser. Mereka, berpatroli dengan nama sandi Operasi Lintang Elang 20.

"Ini sebenarnya operasi rutin di wilayah barat yang kita geser ke Natuna," jelasnya. 

Ronny mengungkapkan, pengerahan empat jet tempur F-16, enam penerbang dan puluhan personel TNI Angkatan Udara ke Natuna dilakukan atas perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Riau juga siap mengerahkan seluruh kekuatan yang ada jika diperintah kembali oleh Panglima. Dua skadron tempur saat ini telah berstatus siaga. 

Meski begitu, Ronny menegaskan jika pengiriman jet tempur murni untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia. Bukan untuk memprovokasi pihak lain, termasuk China.

Hadi sendiri berencana ikut berpatroli ke wilayah Natuna. Upaya ini guna memantau perkembangan situasi. 

"Kita tidak buat provokasi pihak manapun, kita jaga wilayah kita," tandas Ronny. (Antara) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
1