Penahanan Ditangguhkan, Proses Hukum Kasus di Pilpres Tetap Jalan :: Nusantaratv.com

Penahanan Ditangguhkan, Proses Hukum Kasus di Pilpres Tetap Jalan

Tim Asistensi Hukum Kemenko Polhukam tegaskan jika seluruh kasus penanganannya tetap berjalan kendati tersangka tak ditahan
Penahanan Ditangguhkan, Proses Hukum Kasus di Pilpres Tetap Jalan
Menko Polhukam Wiranto

Jakarta, Nusantaratv.com -Menko Polhukam Wiranto menggelar rapat bersama Tim Asistensi Hukum Kemenko Polhukam. Salah satu yang dibahas ialah proses hukum sejumlah kasus dalam Pilpres lalu yang penahanan tersangkanya ditangguhkan. Kendati ditangguhkan, proses hukum terhadap tersangka ditegaskan tetap berjalan. 

"Memang ada persoalan-persoalan penegakan hukum yang belum tuntas, masih berjalan, yang mana masih tetap berjalan. Ada hal-hal yang tadi disampaikan, misalnya ada beberapa tersangka yang ditangguhkan, tapi proses hukum tetap berjalan. Jadi intinya dalam konteks ini tidak ada tebang pilih," ujar Sekretaris Tim Asistensi Kemenko Polhukam Adi Warman, Kamis (4/7/2019). 

Kendati begitu, ia membantah jika rapat membahas purnawirawan TNI yang terjerat hukum dalam peristiwa 21-22 Mei lalu. Rapat, kata dia hanya membahas hal-hal secara umum saja. 

"Ini tidak ada kaitan-kaitan, tadi tidak ada membahas tentang substansi ya. Ini kita evaluasi secara makro, jadi tidak masuk pada teknis, tidak masuk pada persoalan teknis. Terus kita juga ada evaluasi, tapi secara makro, tak masuk tentang teknis, bagaimana persoalan-persoalan hukum ke depan, bagaimana hukum itu tidak tebang pilih, bagaimana hukum itu tidak jadi alat politik. Hanya tataran seperti itu," papar Adi.

"Hanya bicara hal-hal yang normatif, tidak ada kejutan-kejutan dan lain sebagainya. Kita evaluasi tentang proses penegakan hukum, yang mana yang harus terus, dalam arti tidak boleh terganggu, harus terus berjalan," imbuhnya.

Selain tak ada pembahasan kasus per kasus, Wiranto menurutnya tak memberi arahan khusus. 

"Pak Menteri Polhukam tidak memberikan instruksi khusus, tapi mengharapkan tim ini sampai akhir jabatannya memberikan masukan yang bermanfaat buat bangsa dan negara. Itu kan dalam sekali ya. Tim ini sampai Oktober bisa memberikan manfaat bagi bangsa dan negara," tandasnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0