Papua Rusuh, Polri Sebut Ada Keterlibatan Asing :: Nusantaratv.com

Papua Rusuh, Polri Sebut Ada Keterlibatan Asing

Kerusuhan Papua diduga melibatkan pihak asing
Papua Rusuh, Polri Sebut Ada Keterlibatan Asing
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri)

Jakarta, Nusantaratv.com - Polri mengungkapkan ada keterlibatan asing dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Kelompok ini memiliki jaringan yang terhubung di dunia internasional. 

"Ya ada (keterlibatan asing). Kami tahulah, kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/9/2019).

Tito tak menjelaskan secara rinci kelompok asing dan perannya dalam kerusuhan. Ia hanya menyampaikan cara penanganannya.

"Jadi kami harus menanganinya baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kerja sama kita dengan Ibu Menlu (Menteri Luar Negeri) dan jaringan intelijen," tuturnya. 

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, sebelumnya mengatakan ada akun asing di media sosial yang sengaja menebarkan hoaks atau berita mengenai kondisi Papua. Pelaku bisa perorangan atau kelompok. "Jadi kami tidak boleh langsung menuduh," ujarnya di kantor Kemenkopolhukam, Jumat (30/8/2019).

Sementara, Menteri Koordinator Polhukam Wiranto, menyebut ada provokator dalam demonstrasi di Papua dan Papua Barat. Pihaknya mengklaim sudah mengantongi nama-nama para provokator tersebut.

"Saat terima laporan dari Kapolri, Panglima, dan Kepala BIN, memang kerusuhan ini ada yang menunggangi, komporin, provokasi," kata Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/8/2019).

"Kami tahu siapa yang akan mendapat keuntungan dari kerusuhan dan kita peringatkan, siapapun dia hentikan itu. Karena itu hanya ingin membuat suasana instabil," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0