Panglima Hadi Mau TNI-Polri Tak Rebutan Peran :: Nusantaratv.com

Panglima Hadi Mau TNI-Polri Tak Rebutan Peran

Keduanya diharapkan terus bersinergi dalam menjaga bangsa Indonesia
Panglima Hadi Mau TNI-Polri Tak Rebutan Peran
Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Jakarta, Nusantaratv.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya dengan Polri akan terus mempertahankan sinergi kedua instansi. Tak terkecuali saat menghadapi tantangan perubahan zaman.

Baca juga: Baku Tembak Dengan TNI-Polri, 2 KKB Modar 

"Di era sekarang pun, kita juga diingatkan bahwa sinergitas harus dipertahankan," kata Hadi saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Sinergitas ini, menurut Hadi sejalan dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Di aturan itu dijelaskan tugas pokok TNI ialah menegakkan kedaulatan negara.

Lalu mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945.

Termasuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Aturan ini dinilai sejalan dengan Undang-Undang No 2 tahun 2002 tentang Polri. Regulasi ini menjelaskan tugas pokok Polri ialah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Hadi mengatakan, berdasarkan masing-masing tugas pokok itu ada irisan atau singgungan kedua institusi.

Tapi, ia menegaskan jika irisan itu bukan menjadi dasar TNI-Polri saling berebut mengambil peran.

"Justru kebalikan cara berpikir bahwa wilayah-wilayah itu adalah menjadi medan tugas, dalam rangka melindungi segenap bangsa Indonesia, yang kita sebut dengan sinergitas itu sendiri," tandas Hadi.

Adapun Rapim TNI-Polri Tahun 2020 dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis.

Kegiatan ini bertema 'Dilandasi profesionalitas, soliditas, dan sinergitas, TNI-Polri siap mengamankan Pilkada serentak 2020 serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju Indonesia maju.' 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0