MPR Undang Rapat BIN, TNI-Polri, Ada Apa? :: Nusantaratv.com

MPR Undang Rapat BIN, TNI-Polri, Ada Apa?

Rencananya rapat digelar jam 14.00 WIB hari ini
MPR Undang Rapat BIN, TNI-Polri, Ada Apa?
Ketua MPR Bambang Soesatyo

Jakarta, Nusantaratv.com - Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengundang rapat koordinasi Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, KPU RI, Menteri Luar Negeri dan Menteri Sekretaris Negara, Selasa (15/10/2019). Rapat digelar guna menanyakan kesiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Baca juga: Tok! Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Jam 14.30 WIB

"Hari ini jam 14.00 WIB kami mengundang saudara Panglima TNI, Kapolri, saudara Kepala BIN, Menteri Luar Negeri, Mensesneg untuk melakukan koordinasi atas pelantikan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2019, periode 2019-2024. Termasuk yang kami undang KPU," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

MPR akan memastikan urusan keamanan kepada Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN. Mereka akan menanyakan seputar kondisi keamanan baik di ring 1 Gedung DPR/MPR RI, sekeliling dan seluruh Indonesia.

"Kami akan mendalami terkait situasi keamanan. Baik di ring 1 DPR RI, di sekelilingnya, maupun di seluruh tanah air. Kami tidak ingin acara pelantikan yang akan diselenggarakan ini ada hal-hal lain, baik di sekeliling MPR maupun seluruh Indonesia," tuturnya.

Potensi gangguan keamanan yang mampu mengganggu jalannya pelantikan juga ingin diketahui pimpinan MPR.

MPR juga hendak menanyakan apakah surat keputusan (SK) KPU tentang hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, dibacakan secara utuh atau sebagian saja. Jika dibaca secara penuh oleh KPU, menurut Bamsoet hal itu akan memakan waktu.

"Dengan Menteri Luar Negeri kami akan mengkonfirmasi mehadiran-kehadiran kepala negara, kepala pemerintahan negara sahabat. Ataupun utusan khusus negara-negara sahabat kita itu," jelas dia.

"Lainnya masalah protokoler. Siapa menyambut apa, jam berapa, lalu seusai acara apakah ada semacam ucapan inagurasi di bawah, atau dilanjut di Istana dengan jamuan dinner atau makan malam dengan para duta besar," imbuh Bamsoet.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0