Minta Dukungan AS Soal Papua, Moeldoko Klarifikasi Pernyataannya :: Nusantaratv.com

Minta Dukungan AS Soal Papua, Moeldoko Klarifikasi Pernyataannya

Moeldoko bantah pemerintah minta dukungan AS terkait Papua
Minta Dukungan AS Soal Papua, Moeldoko Klarifikasi Pernyataannya
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengklarifikasi pernyataannya mengenai Indonesia mengharapkan dukungan Amerika Serikat (AS) untuk menangani gejolak di Papua dan Papua Barat. Moeldoko menegaskan, ia tak pernah meminta dukungan AS ketika bertemu Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, David R Stilwell di kantornya, Senin (2/9/2019).

"Jadi saya ingin meluruskan ini, tidak ada sama sekali, tidak ada satupun kata yang menyatakan bahwa Istana meminta (dukungan Amerika Serikat). Enggak," ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

"Tapi yang di situ, yang saya sampaikan adalah kita ingin sama-sama menjaga situasi yang baik, situasi yang stabil, karena semua negara memiliki kepentingan yang sama," imbuh Moeldoko.

Moeldoko mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Stilwell ia tak secara khusus membicarakan masalah yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Kedatangan Stilwell, lantaran ingin mengetahui beberapa hal. Pertama, terkait program pemerintah ke depan. Kedua, perkembangan situasi kawasan Laut China Selatan, dan ketiga terkait perdagangan RI-AS.

Walau begitu, Moeldoko mengakui sempat berdiskusi dengan Stilwell terkait situasi Papua.

"Enggak ada sama sekali saya (bilang) Istana minta, enggak, tidak. Karena saya tidak pada posisi datangin ke sana (Stilwell), beliaunya ke sini, sehingga enggak adalah kata-kata minta. Kita ingin sama-sama menjaga situasi," tuturnya.

Moeldoko meminta masyarakat tak salah memahami pernyataannya. Sebab sebagai mantan prajurit TNI, ia tak mungkin asal bicara soal kedaulatan.

"Saya pertaruhkan segalanya bagi kedaulatan, itu sudah janji kami kepada negara. Lebih baik pulang nama, daripada gagal di medan tugas. Itu moto kami. Persoalan kedaulatan kita jaga dengan sungguh-sungguh," tandas mantan Panglima TNI.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0