Ketum Gercin: Negara Sudah Hadir di Tanah Papua :: Nusantaratv.com

Ketum Gercin: Negara Sudah Hadir di Tanah Papua

Hendrik Yance Udam menilai negara sudah hadir di Papua, sehingga tak ada alasan untuk menuntut merdeka
Ketum Gercin: Negara Sudah Hadir di Tanah Papua
Ketum DPN Gercin Hendrik Yance Udam (kanan) di 'Panggung Politik' Nusantara TV, Jumat (30/8/2019). (Tasya Felder)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (DPN Gercin) Hendrik Yance Udam menilai tak ada alasan mutlak Papua harus merdeka atau memisahkan diri dari NKRI. Sebab menurutnya pemerintah telah hadir di tanah tersebut, melalui kebijakan-kebijakan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Karena buat saya negara sudah hadir di Tanah Papua, melalui kebijakan-kebijakan agar Papua mencintai negara ini dalam bingkai NKRI," ujar Hendrik di 'Panggung Politik' Nusantara TV, yang diunggah akun YouTube Nusantara TV, Minggu (2/9/2019).

Ia tak mempersoalkan ada pihak-pihak yang berpolitik dan mengambil keuntungan dalam peristiwa aksi rasisme di Surabaya, Jawa Timur yang berujung kerusuhan di Tanah Papua. Asal semangat menjaga Papua dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetap berlangsung.

"Kita boleh berpolitik dalam hal ini, kejadian demi kejadian boleh terjadi, tapi tetap persatuan dan kesatuan bangsa diutamakan. Kepentingan nasional. Kita harus bisa melihat dari sudut pandang persatuan dan kesatuan, dari sudut pandang negara," tuturnya.

Adapun terkait kasus rasisme, menurut Hendrik persoalan tersebut telah ditindaklanjuti. Sejumlah pihak telah diproses hukum dan ditetapkan tersangka oleh kepolisian. Karena itu seharusnya tak ada lagi alasan memperpanjang masalah.

"Saya apresiasi terhadap Presiden, karena sudah menugaskan Kapolri untuk menugaskan mereka sebagai aparat penegak hukum. Siapapun itu anak bangsa, mengutuk aksi rasialis, radikalisme dan ujaran kebencian," tandas putra Papua ini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0