Ketimbang Demo, Wiranto Saran Mahasiswa Kirim Perwakilan :: Nusantaratv.com

Ketimbang Demo, Wiranto Saran Mahasiswa Kirim Perwakilan

Wiranto minta mahasiswa pakai cara yang lebih terhormat dan etis
Ketimbang Demo, Wiranto Saran Mahasiswa Kirim Perwakilan
Menko Polhukam Wiranto

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyarankan mahasiswa menempuh jalur yang dinilai lebih terhormat dan etis dibanding menggelar aksi protes di jalanan. Seperti mengirim perwakilan ke institusi-institusi yang mereka tuju. 

"Ada jalur lain yang bisa lebih terhormat bisa lebih etis ya kirim perwakilan bicara dengan institusi yang memang perlu mendengarkan aspirasi masyarakat," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019). 

Wiranto mengakui aksi demonstrasi guna menyampaikan pendapat di muka umum tak dilarang undang-undang. Tapi Wiranto berpandangan aspirasi akan lebih didengar jika disampaikan melalui dialog. 

"Demo-demo seperti ini kan melelahkan, mengganggu ketentraman umum, mengganggu ketertiban dan juga hasilnya kurang bagus karena proses koordinasi, proses dialog itu gak terjadi," jelasnya. 

"Lebih baik ada perwakilan menemui kementerian mana, lembaga mana yang kira-kira perlu mendengar aspirasi masyarakat ini lebih bagus ketimbang kita ramai-ramai di jalan," tambahnya.

Ia khawatir aksi demonstrasi ditunggangi pihak-pihak tertentu yang justru merugikan masyarakat banyak. 

"Nanti ditunggangi oleh pihak-pihak lain. Sebagai insan mahasiswa yang intelektualitas yang sangat tinggi, saya kira memahami masalah ini kita ajak supaya masuk ke proses yang sehat seperti itu," tandasnya. 

Demonstrasi mahasiswa berlangsung di sejumlah daerah Indonesia. Mereka memprotes pengesahan UU KPK hasil revisi, RKUHP, RUU Permasyarakatan, dan lainnya yang dilakukan pemerintah bersama DPR. Aksi digelar serentak di Riau, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan wilayah lain. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0