Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Akan Beli Alutsista yang Teknologinya Usang :: Nusantaratv.com

Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Akan Beli Alutsista yang Teknologinya Usang

Jokowi Mengungkapkan Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Harus Menjadi Kekuatan Regional yang Baik dan Disegani. 
Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Akan Beli Alutsista yang Teknologinya Usang
Presiden Joko Widodo. (Instagram @Jokowi)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin dua rapat terbatas (Ratas) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat (22/11/2019).

Dalam kesempatan itu, salah satu yang dibahas yakni mengenai kebijakan pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista). Dan, Kepala Negara menyampaikan beberapa poin penting dalam Ratas melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @jokowi.

 

Dikatakannya, memperkuat alutsista yang modern menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan regional negara. 

Mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) itu, juga mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, harus menjadi sebuah kekuatan regional yang baik dan disegani.

Baca Juga: Jokowi: Berani Mencoba, Berani Berubah

Salah satunya, tegas Presiden Jokowi, adalah dengan memperkuat alutsista, yang modern, sejalan dengan perkembangan teknologi, sekaligus memperkuat industri pertahanan di dalam negeri.

Itulah yang saya tegaskan dalam rapat terbatas mengenai kebijakan pengadaan alutsista di Jakarta hari ini - tulis suami dari Iriana Joko Widodo itu, yang dikutip Nusantaratv.com dari akun resmi Instagram Presiden RI ke-7 itu, Sabtu (23/11/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta jajaran terkait membuat rencana dan peta jalan yang jelas mengenai pengembangan industri alat pertahanan di dalam negeri. 

Peta jalan itu harus dapat menghubungkan industri alat pertahanan dari hulu ke hilir dan melibatkan BUMN dan pihak swasta. Dengan begitu, kita bisa mengurangi ketergantungan pada impor alutsista - lanjutnya.

Selain itu, ayah tiga anak ini meminta pengadaan alutsista tidak lagi berorientasi pada penyerapan anggaran, apalagi sekadar proyek. 

Kita hentikan cara-cara seperti itu - cetus orang nomor satu di Republik Indonesia (RI) itu.

Kalau pun ada impor, sebut Presiden Jokowi,  alutsista dan kerja sama pertahanan dengan negara lain, maka harus ada kepastian alih teknologi kepada bangsa Indonesia.

Karena itulah, kita tidak akan membeli alutsista yang teknologinya sudah usang - tukas jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Kehutanan itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0