Jokowi ke Natuna, Kapal Nelayan dan Penjaga Pantai China 'Kabur' :: Nusantaratv.com

Jokowi ke Natuna, Kapal Nelayan dan Penjaga Pantai China 'Kabur'

Pemerintah China diduga memerintahkan kapal-kapalnya pergi dari perairan Natuna
Jokowi ke Natuna, Kapal Nelayan dan Penjaga Pantai China 'Kabur'
Presiden Jokowi saat mengunjungi perairan Natuna.

Jakarta, Nusantaratv.com - Kapal-kapal nelayan asal China bersama kapal coast guard mereka dilaporkan sudah pergi dari perairan Natuna, Kepulauan Riau. Hal itu terjadi usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia itu. 

Baca juga: Jokowi di Natuna: Saya ke Sini untuk Memastikan Hak Kedaulatan Indonesia 

"Dengan amatan dari TNI AU melalui udara, mereka artinya kapal-kapal China yang melakukan ilegal fishing sudah keluar dari ZEE kita pasca kunjungan Presiden ke Natuna," ujar Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1/2020). 

Sisriadi menduga, kunjungan Jokowi ke Natuna telah memberikan pesan tegas ke pemerintah China dalam konflik di perairan Natuna.

Kunjungan Jokowi diperkirakan disambut cermat oleh pemerintah China. Pemerintah China, duga Sisriadi menginstruksikan menarik seluruh kapal-kapal nelayan dan kapal penjaga pantai mereka dari wilayah Laut Natuna Utara. 

"Sudah tak ada lagi, sudah meninggalkan wilayah ZEE," ucapnya. 

Lebih lanjut Sisriadi menjelaskan, tugas TNI di perairan Natuna untuk membantu peran diplomasi yang dilakukan pemerintah terhadap pemerintah China.

"Artinya kita bertindak sesuai prosedur mengusir mereka. Berulang-ulang dan tak pernah capek," tandasnya. 

Jokowi sebelumnya berkunjung ke perairan Natuna, Rabu (8/1/2020). Di lokasi itu, ia menegaskan kedaulatan Indonesia atas sumber daya di Laut Natuna Utara, karena bagian dari teritorial. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0