Dua OAP Pimpin Pangdam di Papua dan Papua Barat :: Nusantaratv.com

Dua OAP Pimpin Pangdam di Papua dan Papua Barat

Mayjen Herman Asaribab jabat Pangdam XVII Cendrawasih
Dua OAP Pimpin Pangdam di Papua dan Papua Barat
Mayjen Herman Asaribab (Waspada)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mayjen Joppye Onesimus Wayangkau batal menjabat Pangdam XVII Cendrawasih (Papua). Ia tetap di posisinya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari (Papua Barat). Sementara posisi Pangdam XVII Cendrawasih, diisi oleh Mayjen Herman Asaribab. Herman sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura. Seperti Joppye, Herman merupakan putra asli Papua. 

Menurut Markas Besar (Mabes) TNI, didapuknya dua jenderal orang asli Papua (OAP) sebagai upaya penyelesaian konflik di daerah tersebut yang belakangan terjadi, melalui pendekatan kesamaan kultur atau budaya. 

"Untuk meningkatkan efektivitas pendekatan kultural dalam rangka penyelesaian masalah Papua secara menyeluruh," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Sisriadi, Senin (2/9/2019) malam.

Keputusan Panglima TNI ini tertuang dalam surat bernomor Kep/872.a/VIII/2019 tentang perubahan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/872/VIII/2019 tanggal 14 Agustus 2019, yang ditetapkan di Jakarta pada 30 Agustus 2019 lalu. Surat ditandatangani Panglima TNI dan didistribusikan di antaranya kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, dan Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu.

"Dengan ralat skep itu, maka dua orang Perwira Tinggi TNI terbaik yang berasal dari Papua menjabat Pangdam di Kodam Cendrawasih dan Kodam Kasuari," tandas Sisriadi.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0