DPR Bahas Pengiriman TNI untuk Bantu Padamkan Karhutla Australia :: Nusantaratv.com

DPR Bahas Pengiriman TNI untuk Bantu Padamkan Karhutla Australia

Keputusan ini sesuai UU tentang Pertahanan Negara
DPR Bahas Pengiriman TNI untuk Bantu Padamkan Karhutla Australia
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid (kedua dari kanan).

Jakarta, Nusantaratv.com - Komisi I DPR RI menggelar rapat guna membahas rencana TNI mengirimkan pasukan 1 SST Zeni ke Australia.

Rapat dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Desra Percaya dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Baca juga: Panglima Hadi Mau TNI-Polri Tak Rebutan Peran 

"Permohonan pendapat perihal pengiriman 1 SST Zeni TNI pada visi bantuan kemanusiaan ke negara Australia," ujar Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid sebelum memulai rapat, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020),

Menurut Meutya, pengiriman bantuan pasukan untuk membantu Australia dalam menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pengiriman bantuan kemanusiaan ini merujuk Undang-Undang No 3/2002 tentang Pertahanan Negara.

Dalam Pasal 10 Ayat (3) huruf d dijelaskan, TNI bertugas melaksanakan kebijakan pertahanan negara untuk ikut serta secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian regional dan internasional.

"Indonesia merencanakan akan mengirim bantuan 1 SST Zeni ke Australia dalam rangka meringankan musibah yang dialami Australia, kebakaran hutan," jelas Meutya.

"Secara peraturan perundangan, pengiriman pasukan itu memerlukan persetujuan oleh DPR, jadi ini yang akan dibahas pada hari ini," sambungnya.

Diketahui, Australia tengah dilanda kebakaran hutan dan lahan sejak akhir Juli 2019. Peristiwa ini disebut yang terparah sepanjang sejarah Australia.

Kebakaran kebanyakan disebabkan suhu panas yang tinggi, serta kekeringan. Perubahan iklim turut mengubah kondisinya menjadi semakin buruk.

Sampai Kamis (9/1/2020), sebanyak 27 orang meninggal dunia. Di negara bagian yang terdampak paling parah, New South Wales (NSW), lebih dari 2.000 rumah terbakar.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0