Brimob yang Amankan Bawaslu Dipulangkan :: Nusantaratv.com

Brimob yang Amankan Bawaslu Dipulangkan

Polri pulangkan personel Brimob yang bantu pengamanan proses Pemilu 2019
Brimob yang Amankan Bawaslu Dipulangkan
Personel Brimob yang amankan proses Pemilu 2019 (Kumparan)

Jakarta, Nusantaratv.com -Personel Polri yang mengamankan sengketa Pemilu 2019 telah dipulangkan. Pemulangan mereka dilakukan secara bertahap. 

"Secara bertahap. Hari ini sudah mulai ada yang kembali ke daerah sampai nanti pertengahan bulan ini. Kan tidak mungkin semua 7 ribu personel pulang bersamaan," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2019).

Menurut Dedi, pemulangan personel kepolisian ke daerahnya masing-masing tak menunggu hingga pelantikan presiden. Karena ketika pelantikan, potensi konflik dinilai telah mereda. 

"Enggak (menunggu pelantikan presiden). Pelantikan diprediksi eskalasi ancaman tidak sekompleks eskalasi saat pengumuman baik di KPU, Bawaslu dan MK serta pleno terakhir," kata dia. 

Total personel Brimob yang diterjunkan dalam pengamanan sekitar enam ribu lebih, sementara Sabhara lebih dari seribu personel. Total anggaran yang dikeluarkan Polri untuk operasi pengamanan proses Pemilu 2019 mencapai Rp 178 miliar.

"Jadi untuk jumlah total anggaran selama bulan April hingga bulan awal Juli ini seluruhnya Rp 178 miliar," beber Dedi.

Dedi memaparkan dana ratusan miliar tersebut dipakai untuk menyewa peralatan, dukungan kendaraan bermotor, dan lain-lain.

"Itu sudah lengkap untuk membiayai (pengamanan) yang di Jakarta," tandasnya. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0