AS Mau Bantu Selesaikan Soal Natuna, Mahfud Md: Nggak Perlu :: Nusantaratv.com

AS Mau Bantu Selesaikan Soal Natuna, Mahfud Md: Nggak Perlu

Menurut dia bantuan AS bisa memicu konflik lebih besar dengan China
AS Mau Bantu Selesaikan Soal Natuna, Mahfud Md: Nggak Perlu
Menko Polhukam Mahfud Md. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku menolak bantuan Amerika Serikat (AS) guna menangani persoalan perairan Natuna dengan China. Menurut dia, saat ini Indonesia tak memerlukan bantuan dari negara mana pun. 

Baca juga: Omnibus Law Disebut Permudah China Investasi, Mahfud Md: Salah! 

Penegasan itu disampaikan Mahfud saat bertemu Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr.

"Saya bilang enggak perlu kerja sama dengan Amerika soal urusan itu," ujar Mahfud di kantor Pengurus Bersama Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Mahfud menilai, apabila Indonesia menerima bantuan dari AS, bisa saja terjadi konflik dengan China.

Menurut dia, sikap Indonesia sidang tegas dengan tak mengakui Nine-Dash Line atau sembilan garis putus-putus di Laut China Selatan seperti klaim China.

Indonesia, kata dia berpanduan pada Konvensi United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982 yang menyebut kawasan perairan tersebut bagian dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Kalau kita kerja sama dengan Amerika, berarti kita perang dengan China. Padahal kita tidak (bersengketa). Pokoknya kita usir," jelas Mahfud. 

"Sehingga kita tidak terjebak pada perang proksi. Kita enggak mau, enggak ada perundingan dengan China. Enggak perlu bantuan (AS)," imbuhnya. 

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian sebelumnya mengakui perairan Natuna merupakan milik Indonesia. Jika ada masalah, ia berharap diselesaikan melalui jalur diplomatik.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0