Wapres Ma'ruf Harap Persoalan Dana Bagi Hasil DKI Segera Rampung :: Nusantaratv.com

Wapres Ma'ruf Harap Persoalan Dana Bagi Hasil DKI Segera Rampung

Menurut Anies dana tersebut bisa sangat membantu DKI dalam menangani corona
Wapres Ma'ruf Harap Persoalan Dana Bagi Hasil DKI Segera Rampung
Wapres Ma'ruf Amin dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat konferensi video.

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap dana bagi hasil wilayahnya segera dicairkan Kementerian Keuangan. Hal ini ia sampaikan kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, saat menggelar konferensi video bersama mengenai perkembangan penanganan corona di Ibu Kota, Kamis (2/4/2020). 

Baca juga: Anies Belum Buat Kebijakan Ibadah Ramadan dan Lebaran Saat Wabah Corona

"Kita membutuhkan kepastian atas dana bagi hasil yang sudah kami sampaikan dengan Bapak Presiden kemarin," ujar Anies. 

Menurut Anies, apabila pihaknya telah menerima, uang tersebut akan sangat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menanggulangi wabah corona. 

"Ketika ratas (rapat terbatas) kita sampaikan ada dana bagi hasil yang sesungguhnya perlu segera dieksekusi, karena itu akan membantu sekali," kata dia. 

Total dana bagi hasil yang belum dicairkan sebanyak 7,5 triliun. Uang ini sebagian merupakan dana bagi hasil yang belum dibayarkan tahun lalu dan periode sekarang. 

Dengan dibayarkannya anggaran tersebut, Anies menilai Pemprov DKI bisa lebih mudah bergerak dalam mengatasi covid-19.

"Ini adalah tagihan tahun lalu Pak. Jadi piutang Kementerian Keuangan kepada Jakarta, semula nilainya Rp 6,4 triliun tapi kemudian ada beberapa penyesuaian, dan berubah menjadi Rp 5,1 triliun. Itu dana piutang tahun lalu, dan ada dana bagi hasil di kuartal kedua sebesar Rp 2,4 triliun, kami berharap itu segera dicairkan," paparnya. 

"Jadi tantangan kita di Jakarta bukan anggarannya Pak, tapi cash-flow-nya. Jadi kalau ini bisa dicairkan kita akan memiliki keleluasaan secara cash-flow," imbuh Anies. 

Ma'ruf mengaku sudah mengetahui mengenai persoalan yang tak hanya melanda Jakarta saja tersebut. Ia berharap permasalahan ini bisa segera selesai.

"Mudah-mudahan (bisa selesai). Saya dengar waktu itu juga, termasuk Jawa Timur juga. Soal dana bagi hasil itu menjadi pembicaraan," tandas Ma'ruf. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0