Udara DKI Dinilai Buruk, Anies Digugat :: Nusantaratv.com

Udara DKI Dinilai Buruk, Anies Digugat

Warga gugat Anies Baswedan karena tak mendapat udara berkualitas di Jakarta
Udara DKI Dinilai Buruk, Anies Digugat
Penggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait udara buruk Ibu Kota (LBH Jakarta)

Jakarta, Nusantaratv.com - Warga Jakarta yang bernaung dalam akudanpolusi.org, menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka menggugat Anies lantaran kualitas udara di Ibu Kota yang buruk. Anies dinilai tak mampu memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Penggugat berjumlah 31 orang ini yakin memenangkan perkara.

"Optimistis karena ini adalah hak masyarakat. Dan 31 saat ini kita menggugat. Kita punya petisi di akudanpolusi.org dan ada sekitar 1.078 orang yang sudah mengisi," ujar kuasa hukum Tim Advokasi Ibu Kota Bondan Andriyanu, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

Bondan mengklaim gugatan mereka didukung ribuan orang. Pengisi petisi setuju pemerintah harus segera mengambil kebijakan untuk memperbaiki kualitas udara.

"Saatnya mengambil kebijakan yang didasarkan kajian ilmiah. Dan harus bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat," ucapnya.

Dengan gugatan ini, pihaknya berharap agar tergugat melakukan pengawasan di bidang pengendalian udara dan bertanggung jawab menjaga kualitas udara.

"Dengan mengetatkan baku mutu udara ambien nasional guna melindungi kesehatan manusia,"  tutur Bondan.

Selain Anies, turut digugat Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan(LHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Banten. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0