Tim Ahli Cagar Budaya Bantah Anies Soal Penggunaan Monas untuk Formula E :: Nusantaratv.com

Tim Ahli Cagar Budaya Bantah Anies Soal Penggunaan Monas untuk Formula E

Anies mengaku telah mendapatkan persetujuan dari Tim Ahli Cagar Budaya untuk menggunakan Monas untuk Formula E
Tim Ahli Cagar Budaya Bantah Anies Soal Penggunaan Monas untuk Formula E
Revitalisasi Monas, sebelum dan sesudah. (Detik)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku memperoleh rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta untuk menggunakan kawasan Monas sebagai bagian dari sirkuit Formula E. Klaim Anies dibantahb Ketua Tim Ahli Cagar Budaya DKI Mundardjito.

Baca juga: Anies Sudah Bayar Rp 360 M ke FIA, Formula E Gak Bakal Batal 

"Kami tidak merekomendasikan itu. Karena ada nilai sejarah penting di sana," ujar Mundardjito, Rabu (13/2/2020). 

Mundardjito mengaku, beberapa waktu lalu sempat berkomunikasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI. Dalam kesempatan itu, Tim Cagar Budaya menegaskan tak setuju terhadap rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membangun sirkuit sementara di Monas.

Menurut Mundardjito, banyak lokasi lain yang bisa dijadikan arena balap mobil, contohnya Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. 

"Kenapa enggak di Senayan saja? Kan sama-sama olahraga," ucap guru besar arkeologi Universitas Indonesia (UI). 

Sebelumnya, dalam suratnya kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Anies menyebutkan sudah memperoleh rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya DKI tentang penyelenggaraan Formula E di area Monas.

"Dalam rangka menjaga fungsi kelestarian Iingkungan dan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka dalam pelaksanaannya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta," tulis Anies dalam surat resmi benomor 61/-1/857.23 yang ditujukan kepada Menteri Sekretariat Negara sekaligus Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Selasa (11/2/2020).

Surat itu yang membuat Pratikno mengizinkan Pemprov memakai Monas sebagai bagian dari lintasan balap jet darat listrik itu. (Tempo) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0