Sondang Tampubolon Turut Fasilitasi Penyemprotan Disinfektan di Masjid :: Nusantaratv.com

Sondang Tampubolon Turut Fasilitasi Penyemprotan Disinfektan di Masjid

Upaya ini disebut pengelola masjid sebagai ikhtiar lahir
Sondang Tampubolon Turut Fasilitasi Penyemprotan Disinfektan di Masjid
Penyemprotan disinfektan di Masjid Baiturrahmah. (Wira Ginting)

Jakarta, Nusantaratv.com - Selain sejumlah gereja, anggota DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon juga memfasilitasi penyemprotan disinfektan di masjid wilayah Jakarta Timur. Khususnya Masjid Baiturrahmah di Jalan Cawang Baru Utara, Cipinang Cempedak. 

Baca juga: MUI Ajak Masyarakat Berikhtiar Cegah COVID-19

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahmah, Ustaz Djunaedi, mengapresiasi langkah anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu. 

Menurut dia, penyemprotan disinfektan oleh petugas atau relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur ini merupakan ikhtiar atau usaha secara lahiriah. 

"Manusia itu punya ikhtiar, ini wajib. Ada ikhtiar lahir, ada ikhtiar batin. Sekarang yang kita lakukan ini ikhtiar lahir, karena nampak, bagaimana menghilangkan, mengantisipasi mewabahnya virus ini,"  ujar Djunaedi usai penyemprotan disinfektan di Masjid Baiturrahmah, Jakarta Timur, Sabtu (21/3/2020). 

Di sisi lain, kata Djunaedi, ada upaya lainnya dalam mengatasi virus yang memiliki nama lain covid-19 itu. Yaitu dengan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Melalui kedua usaha tersebut, ia berharap wabah corona di Indonesia termasuk di Jakarta Timur dan lingkungannya, bisa teratasi. 

"Ada ikhtiar batin yaitu dengan cara kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan dengan dua ikhtiar itu, semua yang kita harapkan bisa berhasil untuk mengatasi corona atau covid-19," jelasnya. 

Adapun penyemprotan cairan kimia yang mampu membasmi virus, bakteri dan kuman ini, dilakukan hampir di seluruh sudut, baik di lantai dasar maupun lantai atas masjid. 

Pembersihan mikroorganisme juga dilaksanakan di tempat mengambil air wudu, hingga mobil ambulans pengangkut orang sakit maupun jenazah, milik masjid. Aksi tersebut digelar selepas salat magrib. 

"Agar virus yang kita ketahui yang sangat ganas ini kita bisa terhindar. Paling tidak bisa memberikan kenyamanan bagi jamaah, kenyamanan bagi masyarakat kita, dan itu sangat positif sekali," papar Djunaedi. 

Sementara Sondang, mengaku senang bisa turut membantu meminimalisir penyebaran corona di lingkungan tempat tinggalnya. 

"Masjid Baiturrahmah ini berlokasi di Cawang, Cipinang Cimpedak, di mana ini satu kawasan di mana saya berdomisili tempat saya tinggal, tempat saya dibesarkan," ujarnya. 

Ia berharap upayanya untuk bisa berkontribusi dalam menanggulangi corona di Jakarta ini, sedikit-banyak bisa membantu. Mengingat, Jakarta merupakan wilayah dengan jumlah pasien corona tertinggi di Tanah Air. 

"Supaya bagaimana virus corona yang sedang merebak di Indonesia pada khususnya Jakarta terputus mata rantai penyebarannya," tandas Sondang. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0