Siap-siap! Mulai 1 Februari ETLE Sasar Pengendara Motor :: Nusantaratv.com

Siap-siap! Mulai 1 Februari ETLE Sasar Pengendara Motor

Kamera ini dipasang di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan depan kantor imigrasi, Warung Buncit
Siap-siap! Mulai 1 Februari ETLE Sasar Pengendara Motor
Kamera ETLE. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) juga akan diberlakukan bagi pengendara sepeda motor. Aturan ini berlangsung mulai 1 Februari 2020.

Baca juga: Tol yang Dikelola Jasa Marga Bakal Terapkan Sistem ETLE, Target Perdana Dalam Kota Dulu

Sebelumnya, ETLE sudah diterapkan bagi kendaraan roda empat.

Sebelum penerapan tilang ETLE untuk pengendara motor, polisi akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sampai akhir Januari 2020.

Ada empat jenis pelanggaran yang akan tertangkap kamera ETLE, antara lain penggunaan ponsel, penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan.

"Mereka (pengendara motor) yang menyetir sambil menelepon atau mengetik di layar ponsel kena (tilang ETLE)," ujar Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Tiga jenis pelanggaran itu ditindak, lantaran disebut sering menyebabkan kemacetan Jakarta.

Contoh pelanggaran marka jalan ialah pengendara motor berhenti melebihi atau di depan stop lineStop line adalah garis batas hitam putih di persimpangan atau traffic light.

Untuk awal pengoperasian, kamera ETLE hanya mampu mengidentifikasi dan menilang pengendara motor yang menggunakan pelat nomor Jakarta.

Sementara untuk pelanggar berpelat nomor di luar Jakarta, akan dikenakan sistem tilang manual.

"Kalau (pelat nomor) di luar Jakarta, kami menggunakan command centre (TMC Polda Metro Jaya), tercapture (tertangkap kamera ETLE), anggota akan melaporkan kendaraan ini melanggar ini, posisi sekarang ada di sini," jelas Yusuf.

Kemudian, polisi yang bertugas di lapangan akan menilang pelanggar tersebut.

Untuk tahap awal, kamera ETLE yang menyasar pengendara motor akan dipasang di dua titik, yaitu sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin dan Jalur Transjakarta koridor 6, Ragunan-Monas tepatnya depan Kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0