PDIP Minta Anies Tak Merasa Mampu Bereskan Banjir Sendirian :: Nusantaratv.com

PDIP Minta Anies Tak Merasa Mampu Bereskan Banjir Sendirian

Banjir kata Aria tak mungkin bisa dibereskan sendirian
PDIP Minta Anies Tak Merasa Mampu Bereskan Banjir Sendirian
Aria Bima. (Liputan6.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Aria Bima menyayangkan ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat penanganan banjir dengan Komisi V DPR. Sebab, menurutnya banjir tak bisa diselesaikan Pemprov DKI Jakarta sendirian.

Baca juga: Banjir Jabodetabek, 5 Tewas 19 Ribu Mengungsi 

"Ya kalau di luar situasional saat ini, saya kira Anies juga jangan terlalu melihat sesuai hal yang seolah-olah DKI bisa menyelesaikan masalah banjir ini sendiri," kata Aria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Aria menyarankan Anies berkomunikasi antarpartai politik (parpol) di DPR. Mengingat, DPR juga memiliki kewajiban membenahi persoalan banjir lantaran mereka tinggal di Ibu Kota.

"Anies harus melihat bahwa di DPR ini lintas partai politik. DPR ini kehendak subjektif untuk membantu betul-betul merupakan kewajiban juga karena mereka juga tinggal di wilayah DKI," kata dia. 

Anies diminta berdiskusi dengan DPR daripada mencari kambing hitam atas bencana banjir yang berulang. Sebab, mantan Mendikbud dinilai merupakan pejabat yang tindak-tanduknya harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. 

"Saya melihat sebaiknya Anies hadir untuk membicarakan secara lebih komprehensif penyelesaian masalah banjir tanpa harus mencari atau menyalahkan sana sini karena ini sudah menyangkut tanggung jawab. Kita sebagai pejabat dari dan oleh rakyat. Mereka sudah memberikan kepercayaan haknya untuk memilih, termasuk Anies, termasuk kita di DPR," papar Wakil Ketua Komisi VI DPR. 

Aria juga mengingatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang juga tak hadir dalam rapat. Karena menurutnya menuntaskan perkara banjir merupakan tugas pemerintah pusat dan daerah.

"Untuk rakyatnya ini kita dalam satu kesatuan NKRI. Dari dan oleh rakyat kita dipilih semua, begitu juga Anies sebagai gubernur, begitu juga Ridwan Kamil, begitu juga seluruh bupati. Untuk rakyatnya kita tidak lagi pandang bulu. Termasuk dalam urusan banjir. Di sini tidak ada lagi pemerintah pusat dan daerah. Yang penting banjir ini bisa selesai," jelasnya.

"Saya berharap ketidakhadirannya hanya faktor kesibukan menangani masalah korban. Tapi koordinasi sinergi bahkan integrasi program dalam banjir sangat diperlukan antara pemerintahan pusat dan daerah," sambung Aria.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0