PDI Perjuangan Bantu Korban Banjir, Hasto Kristiyanto: Prinsip Kemanusiaan yang Harus Dijalankan Partai :: Nusantaratv.com

PDI Perjuangan Bantu Korban Banjir, Hasto Kristiyanto: Prinsip Kemanusiaan yang Harus Dijalankan Partai

Ibu Megawati Minta Seluruh Jajaran PDI Perjuangan Turun Langsung Bantu Rakyat Tanpa Pandang Bulu Pilihan Politiknya.
PDI Perjuangan Bantu Korban Banjir, Hasto Kristiyanto: Prinsip Kemanusiaan yang Harus Dijalankan Partai
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengunjungi dapur umum bagi korban banjir Jakarta. (Alvin Cahya Pratama/Gesuri)

Jakarta, Nusantaratv.com - Musibah bisa datang kapan saja, tanpa diduga dan tak bisa diprediksi oleh siapapun. Seperti halnya banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Indonesia.

Demi meringankan beban para korban banjir, semua pihak berupaya hadir dalam memberikan bantuan. Tak terkecuali Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, menegaskan membantu korban banjir merupakan bagian dari prinsip kemanusiaan yang harus dijalankan partai. 

Hal tersebut, ungkap pria kelahiran Yogyakarta, 53 tahun silam itu, bukti partai menyatu dengan rakyat. Sehingga ketika rakyat berada dalam kesusahan akibat banjir, seperti terjadi di Jakarta, Banten, serta Jawa Barat, maka PDI Perjuangan memberikan uluran tangan pertama.

Baca Juga: Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon Peduli dan Berikan Bantuan Warga Jakarta Korban Banjir

Salah satunya adalah membangun dapur umum yang diperuntukkan bagi warga terdampak banjir. PDI Perjuangan akan selalu siap.  

Dapur umum selalu standby kami buat - ujar Hasto, di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Dikatakannya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang sedang berada di Jepang untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa yang ke-9, memberikan instruksi secara detail.

Bagaimana seluruh masakan dipersiapkan dengan baik dan bersih - lanjutnya. 

Dia menambahkan Ibu Megawati meminta seluruh jajaran PDI Perjuangan turun langsung membantu rakyat tanpa pandang bulu pilihan politiknya.

Semua harus turun ke bawah dan membantu mereka yang menjadi korban dari banjir tersebut - tambah suami dari Maria Stefani Ekowati itu.

Baca Juga: Politikus PDI Perjuangan Ingin Masyarakat Semakin Menghargai Perbedaan

Selain itu, terang Hasto, Ibu Megawati juga mengingatkan agar benar-benar memperhatikan aspek pencegahan ke depan dengan melindungi seluruh aliran sungai untuk direvitalisasi. Dan paling penting yakni tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Mari kita rawat lingkungan dengan sebaik-baiknya - tegas jebolan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (1991) itu.

Sementara itu, mengenai bantuan yang diberikan PDI Perjuangan ada yang berupa makanan, terutama makanan bagi balita. Selain itu, tim Baguna langsung turun membawa pakaian untuk rakyat. 

Itu juga perintah langsung dari Ibu Ketua Umum. Seringkali kalau kejadian banjir kita melupakan kebutuhan khusus perempuan, melupakan makanan bagi anak-anak balita kita. Itu yang dilakukan kader-kader PDI Perjuangan - tuturnya.

Tak hanya di Jakarta, PDI Perjuangan juga mendirikan posko di Tangerang, Banten, juga Bekasi.

Saat ini Saudari Sadarestu sebagai Wakil Sekjen Bidang Kerakyatan juga sedang keliling. Juga Mbak Ribka Tjiptaning sebagai Ketua DPP Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana juga turun langsung memimpin Baguna di tengah rakyat - imbuh lulusan Prasetya Mulya Business School, Jakarta (1997-2000).

Bicara mengenai solusi banjir, Ibu Megawati sudah lama memberi peringatan soal ini. Bahkan, menurutnya, ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi gubernur telah dilakukan langkah-langkah komprehensif guna melakukan revitalisasi seluruh aliran sungai. 

Dimana Presiden Jokowi saat itu mempercepat pembangunan waduk di hulu sungai Citarum dan ini sedang berlangsung. Namun, Hasto menyebut upaya tersebut akan sia-sia bila tanpa kerja sama dengan semua pihak dan membangun kesadaran dalam
menjaga lingkungan.

Baca Juga: Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon Peduli Kasih Korban Banjir, Lurah Cakung Timur: Alhamdulillah Semua Turun Membantu

Dimana langkah-langkah komprehensif seperti yang pernah dilakukan Jokowi, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Djarot Saiful Hidayat, diharapkan Hasto, juga harus dilakukan Gubernur DKI Anies Baswedan.  

Hal-hal yang baik bisa dilanjutkan untuk merawat lingkungan kita, mencegah banjir. Karena ketika terjadi banjir, rakyat kecil yang juga akan menjadi korban - tukas pria yang pernah menjabat Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM itu.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0