(Nusantara Pagi) Polisi Ajak Eks Narapidana Bagikan Sembako ke Masyarakat :: Nusantaratv.com

(Nusantara Pagi) Polisi Ajak Eks Narapidana Bagikan Sembako ke Masyarakat

Keenam Orang Ini Termasuk Dari 63 Narapidana yang Dibebaskan dari Lapas Salemba.
(Nusantara Pagi) Polisi Ajak Eks Narapidana Bagikan Sembako ke Masyarakat
Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto. (Dok. NTV)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kepolisian Metro Jakarta Pusat mengajak eks Narapidana untuk membagikan sembako kepada masyarakat. Hal itu dilakukan Kepolisian dalam menggugah kesadaran para eks Narapidana untuk berbuat kebajikan dan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dibuat pada masa lalu.

Dengan melibatkan 6 orang eks Narapidana yang mendapat program asimilasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), pihak Kepolisian Metro Jakarta Pusat membagikan sembako kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus).

Keenam orang ini termasuk dari 63 narapidana yang dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, sebagai upaya Kemenkumham menekan penularan wabah virus corona (COVID-19), yang mungkin terjadi di dalam penjara. Para eks Napi ini tidaklah bebas murni lantaran aktivitasnya masih dipantau dan diawasi oleh petugas terkait.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto mengklaim program yang dijalankannya ini merupakan yang pertama di Ibu Kota. Dia melibatkan para mantan Narapidana untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Melalui  kegiatan ini, dia berharap dapat menunjukkan bahwa para eks Narapidana dapat kembali menjadi warga yang baik dan dapat berkontribusi lebih di masyarakat. "Kami sudah mengumpulkan data dari Kalapas Salemba, ada 6 warga Jakarta Pusat ini untuk kami ajak mereka berpartisipasi khususnya untuk kegiata sosial," kata Heru dalam tayangan program 'Nusantara Pagi', di Nusantara TV, Jumat (24/4/2020).

Di Jakarta Pusat ini, ungkap Heru, dari Polsek-Polsek sudah menemukan 28 mantan Napi yang bisa diajak untuk bergabung dan bersosialisasi khususnya untuk membantu di bidang sosial.

"Kepada Polsek-Polsek, Kelurahan maupun RW untuk dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan sosial ini kami sudah mendapatkan 28 orang. Mudah-mudahan berkembang lagi, sehingga warga binaan ini yang mendapatkan asimilasi dapat membaur lagi ke masyarakat, dan dia sadar telah melakukan kesalahan dalam kehidupannya, selanjutnya membuatnya berguna untuk warga sekitarnya," tutur Heru.

Selain membagikan sembako ke rumah-rumah warga, nantinya para eks Narapidana ini akan dijadikan petugas patroli di lingkungannya, agar dapat menegur masyarakat yang tidak menaati aturan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 
 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0