Komisi V Mau BMKG dan Basarnas Rutin Koordinasi :: Nusantaratv.com

Komisi V Mau BMKG dan Basarnas Rutin Koordinasi

Upaya ini disebut sesuai arahan Presiden Jokowi
Komisi V Mau BMKG dan Basarnas Rutin Koordinasi
Rapat Komisi V DPR RI

Jakarta, Nusantaratv.com - Komisi V DPR mau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional (Basarnas), serta Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) senantiasa berkoordinasi dengan parlemen.

Baca juga: Komisi V DPR Cecar Mendes PDTT Soal Dana Desa

"Jadi, kalau bapak-ibu melakukan tugas ke daerah, koordinasi ke DPR yang sesuai dapilnya agar hubungan dan komunikasi tetap terjaga," ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah Alkadrie, Rabu (20/11/2019).

Pernyataan itu disampaikan Syarif saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG, Basarnas, dan BPWS di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Rapat sendiri mengulas penyampaian Renstra dan Program Kerja Pemerintah 5 tahun ke depan, evaluasi pelaksanaan anggaran Kementerian atau Lembaga Tahun 2019, juga Program Legislasi Nasional.

Menurut Syarif, imbauannya disampaikan sebagai salah satu tugas dan fungsi Dewan.

"Ini pesan konstitusi, BMKG dan Basarnas harus berhubungan erat dalam menjalankan tugas ke depan. Terlebih, wilayah Indonesia adalah kawasan rawan bencana," paparnya.

Syarif berharap agar segala kekurangan DPR pada periode sebelumnya bisa diperbaiki bersama-sama.

Di samping itu, Komisi V turut mendorong upaya sinergi, kerja sama, dan penguatan koordinasi antara BMKG, Basarnas, dan BPWS. Sebab, hal tersebut dikatakan sebagai upaya mewujudkan lima agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

"Kelima agenda itu adalah pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan birokrasi, serta transformasi ekonomi," papar Syarif.

Ia mengakui implementasi upaya sinergi, kerja sama, dan penguatan koordinasi ini ialah hal yang tak mudah. Sebab, seringkali ego sektoral muncul di lapangan.

"Oleh sebab itu, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan kerja sama dan koordinasi itu menjadi titik tekan kepada kita semua dalam periode 2019-2024," kata dia.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0