Kebijakan Reklamasi Anies, Luhut: Tidak Lebih Baik :: Nusantaratv.com

Kebijakan Reklamasi Anies, Luhut: Tidak Lebih Baik

Luhut nilai kebijakan reklamasi Gubernur Anies tak lebih baik dari yang pihaknya usulkan
Kebijakan Reklamasi Anies, Luhut: Tidak Lebih Baik
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, Nusantaratv.com -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di pulau C dan D hasil reklamasi, tak lebih baik dari kebijakan yang pernah diusulkan pihaknya. 

"Apa yang terjadi sekarang saya pikir tidak lebih baik daripada apa yang dulu kami usulkan," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6/2019). 

Luhut tak menjelaskan usulan yang pihaknya sampaikan mengenai reklamasi, namun ia mengatakan pernah bicara panjang lebar tentang megaproyek itu beberapa waktu lalu.

Kendati begitu, ia menolak bersilang pendapat dan bermain kata-kata soal perubahan istilah reklamasi yang semula pulau, menjadi pantai. Luhut menyerahkan urusan reklamasi di pesisir utara kepada Anies.

"Saya enggak mau bersilang pendapat dan saya enggak mau bermain kata-kata. Jelas sudah semua dulu yang saya pernah katakan. Sekarang itu sudah gubernur, biarin aja lah biar gubernur yang ngurus," jelasnya. 

Anies mengeluarkan IMB untuk 932 bangunan yang ada di Pulau C dan D hasil reklamasi. IMB dikeluarkan mengacu Pergub nomor 206 tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah no 30 tahun 2005 Pasal 18 ayat 3. Pergub tersebut diterbitkan oleh mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Peraturan itu disebut memungkinkan pemerintah daerah mengatur zonasi sementara sebelum memiliki Raperada Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). Raperda itu hingga kini masih digodok di DKI dan rencananya akan diserahkan ke DPRD DKI.

Anies juga menyinggung perubahan istilah dalam menyebut daratan hasil reklamasi. Ia lebih memilih daratan hasil reklamasi di pesisir utara Jakarta sebagai pantai, ketimbang pulau. 

"Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau," jelas Anies. (Rizk)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0