Kapolda Sultra, Papua dan Riau Dicopot, Kenapa? :: Nusantaratv.com

Kapolda Sultra, Papua dan Riau Dicopot, Kenapa?

Mabes Polri menjawab pencopotan sejumlah kapolda yang daerahnya menjadi sorotan
Kapolda Sultra, Papua dan Riau Dicopot, Kenapa?
Kapolda Sultra Brigjen Iriyanto. (Inilah Sultra)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Kapolda Riau, dan Kapolda Papua sekaligus. Polri menegaskan mutasi tersebut merupakan hal biasa.

"Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka peningkatan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jumat (27/9/2019) malam.

Adapun mutasi tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/2569/IX/KEP/2019 ter tanggal Jumat (27/9/2019), yang ditandatangani AS SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri S.

Kapolda Sultra Brigjen Irianto dimutasi menjadi Irwil III Itwasum Polri, dan posisi Kapolda Sultra akan diisi Brigjen Merdisyam.

Lalu Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja dimutasi menjadi Analisa Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri, dan posisi yang kosong diisi Irjen Paulus Waterpauw.

Sementara Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, dimutasi jadi Pati Baintelkam, penugasan di BIN. Posisinya digantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Adapun ketiga wilayah polda tersebut belakangan ini diketahui 'bermasalah'. Di Sultra dua mahasiswa Unversitas Halu Oleo tewas saat berunjuk rasa menolak UU KPK, RKUHP dan aturan hukum lainnya, di gedung DPRD Sultra. Satu mahasiswa tewas karena tertembak, dan satu lainnya karena terkena benda tumpul.

Sementara di Papua, hingga kini keamanan dan ketertiban di wilayah itu belum stabil. Kerusuhan hingga kini masih terjadi, dan hingga memakan korban jiwa.

Adapun di Riau, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi hingga menyebabkan kabut asap di sekitar Sumatera, sampai ke negara tetangga. Jokowi pernah berjanji akan mencopot kapolda dan pangdam yang wilayahnya terjadi karhutla.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0