Jokowi Tak Mau Buru-buru Evakuasi WNI dari Diamond Princess :: Nusantaratv.com

Jokowi Tak Mau Buru-buru Evakuasi WNI dari Diamond Princess

Pemerintah masih menyusun rencana agar pemulangan mereka tak merugikan 267 juta WNI lainnya
Jokowi Tak Mau Buru-buru Evakuasi WNI dari Diamond Princess
Kapal pesiar Diamond Princess. (EPA)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pemerintah tidak didesak agar segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Kapal Diamond Princess, kapal yang menjadi pusat lainnya penyebaran virus corona. 

Baca juga: Minta Dipulangkan, WNI di Diamond Princess: Kami Juga Indonesia Pak Presiden 

Menurut Jokowi, keputusan evakuasi WNI dari kapal yang kini berada di Yokohama, Jepang itu, harus diambil dengan penuh perhitungan.

"Hati-hati, berhitung dalam menyelesaikan ini. Tidak bisa kita didesak-desak. Tidak bisa kita tergesa-gesa. Endak. Harus tepat. Seperti di Natuna yang kemarin," ujar Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Jokowi tak mau evakuasi WNI dari Jepang justru membawa dampak negatif terhadap 267 juta WNI lainnya di Indonesia. 

Atas itu, Jokowi menegaskan pemerintah masih terus mematangkan rencana evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess.

Menurut dia, saat ini pemerintah lebih dulu menyelesaikan proses evakuasi 188 WNI di Kapal World Dream, kapal yang juga senasib dengan Diamond Princess. 

Proses evakuasi 188 WNI di Kapal World Dream dilakukan siang ini, Rabu (26/2/2020). 

Rencananya, para WNI bakal diangkut dari Selat Durian, Riau, menggunakan KRI Suharso. Mereka lalu dibawa menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, guna dikarantina dan diobservasi.

"Sekali lagi, ini masalahnya sudah menjalar ke banyak negara. Dari yang dulu Wuhan, Tiongkok, kemudian masuk ke Korea juga, kemudian ada epicentrum di kapal di Jepang. Kemudian ini ada di Iran, ada di Italia. Semuanya keputusan harus hati-hati," kata Jokowi.

"Tidak boleh tergesa-gesa. Kita memiliki 267 juta penduduk Indonesia yang juga harus dihitung dikalkulasi semuanya. Hati-hati. Saya selalu pesan pada Menko, pada menteri, hati-hati memutuskan," sambungnya. 

Sebelumnya, 69 kru kapal pesiar Diamond Princess di Yokohama, Jepang, meminta kepada Jokowi segera melakukan evakuasi.

"Kepada Pak Presiden Jokowi yang terhormat, kami yang berada di Diamond Princess di Yokohama sudah sangat takut, ibaratnya dibunuh pelan-pelan," ujar salah seorang kru.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0