Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi, Ketum PBNU: Gak Paham Tujuannya Apa :: Nusantaratv.com

Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi, Ketum PBNU: Gak Paham Tujuannya Apa

Menurut dia kerukunan antarumat beragama tak cukup disimbolkan dengan pembangunan terowongan
Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi, Ketum PBNU: Gak Paham Tujuannya Apa
Ketum PBNU Said Aqil Siradj (tengah).

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil mengaku tak memahami maksud pembangunan terowongan penghubung Majid Istiqlal dengan Gereja Katedral. Terowongan ini sebelumnya disebut Jokowi bisa menjadi medium silaturahmi antar kedua umat beragama. 

Baca juga: Tolak WNI Eks ISIS Pulang, PBNU: Mereka Pembunuh dan Pemerkosa

"Saya enggak paham itu ya kenapa ya? Apa tujuannya ya? Saya enggak paham tuh. Apa nilai budaya, apa nilai agama atau apa nilai itu? Apa politik atau politis? Saya enggak paham tuh," ujar Said di kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Said, kerukunan antarumat beragama seharusnya tidak cukup disimbolkan melalui pembangunan terowongan antara masjid dan gereja tersebut. 

Silaturahmi sebagai salah satu nilai budaya Indonesia, kata dia juga tak perlu disimbolkan melalui pembangunan terowongan.

"Menurut saya (tidak ada urgensinya). Apakah harus begitu (simbol silaturahmi)? Gitu lho pertanyaannya. Silaturahim namanya budaya," tutur Said. 

Jokowi sebelumnya menjelaskan pembangunan terowongan merupakan usulan dari masyarakat. Ia pun menyetujui usulan tersebut. 

Jokowi menilai, terowongan ini bisa menjadi simbol silaturahmi antara pengunjung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Masyarakat yang hendak ke gereja dari masjid, atau sebaliknya, bisa melalui terowongan itu. 

"Ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Tidak kelihatan berseberangan tapi silaturahmi. Sehingga tidak nyeberang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2/2020). 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0