Jokowi Bakal Paksa PNS Pindah ke Ibu Kota Baru :: Nusantaratv.com

Jokowi Bakal Paksa PNS Pindah ke Ibu Kota Baru

Menurut Jokowi ibu kota baru merupakan kawasan yang menarik
Jokowi Bakal Paksa PNS Pindah ke Ibu Kota Baru
Presiden Jokowi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memaksa pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) untuk pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Baca juga: PNS Beristri Pegawai Swasta Berpeluang Tak Pindah ke Ibu Kota Baru 

"Saya juga enggak tahu apakah nanti pindah (ibu kota baru) pada mau. Kalau saya sih, saya paksa," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan dalam perencanaan pelaksanaan sensus penduduk di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Jokowi menyebut, saat ini hampir 56 persen atau lebih dari 149 juta penduduk Indonesia terpusat di Pulau Jawa. Kondisi ini, kata dia membuat Pulau Jawa terbebani, dan memerlukan bantuan. Solusi dari persoalan ini yaitu dengan memindahkan ibu kota negara. 

"Nah, magnetnya digeser ke ibu kota yang baru, agar ada magnet lagi untuk pemerataan penduduk, pemerataan ekonomi. Karena PDB ekonomi juga sama. PDB ekonomi itu di Jawa 58 persen ada di Jawa," tutur Jokowi.

"Pulau jawa ini kan salah satu dari 17.000 pulau yang kita miliki. Masa semuanya ingin di sini semua," imbuhnya. 

Menurut Jokowi, ibu kota di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara itu menarik untuk dihuni. Karena berkonsep kota hijau dan pintar.

"Semuanya energi baru terbarukan. Transportasi massal semuanya electric vehicle, autonomous vehicle, kendaraan pribadi juga autonomous. Banyak orang jalan kaki, banyak orang bersepeda. Enggak ada banjir, enggak ada macet," tandas mantan Wali Kota Solo.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0