Jelang PSBB, Anies Diminta Perhatikan Nasib Ojol dan Pekerja Informal :: Nusantaratv.com

Jelang PSBB, Anies Diminta Perhatikan Nasib Ojol dan Pekerja Informal

Sebab mereka dinilai yang paling terdampak
Jelang PSBB, Anies Diminta Perhatikan Nasib Ojol dan Pekerja Informal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta memperhatikan nasib pekerja dengan pendapatan harian atau pekerja informal, menjelang penerapan status daerah sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran virus corona. 

Baca juga: Darurat Sipil Diberlakukan Jika PSBB Tak Dipatuhi 

Karenu, para pekerja informal diperkirakan paling terdampak akibat diberlakukannya kebijakan itu.

Bahkan sejak kebijakan social distancing atau beraktivitas dari rumah, mereka telah merugi. 

"Banyak sopir taksi, ojek online yang tidak bisa bawa penghasilan pulang ke rumah dampak kebijakan ini. Karena meraka biasanya harian (pemasukannya). Sekali enggak narik ya enggak dapet (uang)," ujar 
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike, Minggu (5/4/2020). 

"Jadi, harusnya Gubernur bisa mempersiapkan kebijakan, terutama memenuhi kebutuhan panganan mereka," imbuhnya. 

Ia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa bekerja sama dengan sejumlah tempat makan guna memenuhi kebutuhan para pekerja informal. Agar para sopir, pedagang kaki lima dan pekerja informal lainnya tetap bisa memenuhi kebutuhan pangannya semasa PSBB.

"Bisa gandeng dan gotong-royong dengan warteg kecil atau UMKM masyarakat lainnya buat kerja sama. Setidaknya pemda harus bisa jadi penggerak. Jadi, buat mereka pekerja informal setidaknya bisa tetap memenuhi kebutuhan panganan," tuturnya. 

Pemprov, menurut Yuke bisa membagikan kupon makanan kepada para pekerja informal. Sehingga, pemerintah tetap bisa melakukan pengawasan kepada mereka yang memperoleh bantuan.

"Didistribusikan dengan kupon bisa dilakukan. Jadi mereka bisa belanja makanan. Setelahnya mereka bisa bawa pulang ke rumah untuk keluarganya. Tetap dengan menerapkan social distancing," tandasnya. (CNNIndonesia.com) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0