Jakarta Dikepung Banjir, Anies : Pemprov DKI Harus Bertanggung Jawab! :: Nusantaratv.com

Jakarta Dikepung Banjir, Anies : Pemprov DKI Harus Bertanggung Jawab!

Anies mengecek langsung situasi banjir yang merendam berbagai kawasan Jakarta.
Jakarta Dikepung Banjir, Anies : Pemprov DKI Harus Bertanggung Jawab!
Gubernur DKI, Anies Baswedan

Jakarta, Nusantaratv.com- Banjir yang mengepung hampir seluruh wilayah  Jakarta sejak Selasa (31/12/19) membuat sejumlah akses jalan protokol di Ibu Kota tak dapat dilalui. Bahkan banjir juga merendam pemukiman warga dan sejumlah fasilitas publik. 

 Merespons hal itu, Gubernur DKI Anies Baswedan menginstruksikan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan dan bertanggung jawab dalam mengatasi banjir yang merendam Ibu Kota.

”Pagi ini hari Rabu, di berbagai tempat di Jakarta mengalami banjir. Sejak selasa kemarin kawasan barat Pulau Jawa mengalami hujan cukup intensi hingga pagi ini. Karena itu, saya instruksikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk turun tangan langsung, datangi kantor kelurahan terdekat,” kata Anies saat meninjaui Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). 

Anies mengecek langsung situasi banjir yang merendam berbagai kawasan Jakarta. Ia meminta warga menjaga keamanan dan keselamatan mereka.

Tidak hanya itu, transportasi publik juga harus diamankan. Bila ada rute kendaraan umum yang terkendala banjir, Anies meminta segera disiapkan rute alternatif. 

Kepada para wali kota, camat, dan lurah, mereka harus memastikan warganya mendapat update informasi secara valid terus-menerus.

"Pemprov DKI Jakarta harus hadir. Pemprov DKI Jakarta harus ambil sikap bertanggung jawab dan kita tunjukkan kepada seluruh warga bahwa seluruh jajaran turun tangan. Kita hadapi dan kita selesaikan masalah yang ada sekarang ini dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Dia juga meminta agar jajarannya membantu untuk menyelamatkan warga. 

Katanya, proses evakuasi terhadap korban banjir harus segera dilaksanakan dan tempat-tempat pengungsian juga harus dalam posisi siap. 

Seluruh kantor pemerintahan, tambah Anies, termasuk sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian.

"Siapkan dapur umum, siapkan pos kesehatan, dan pastikan semua tenaga kesehatan siap, obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum dan kebutuhan dasar lainnya, supaya segera dalam posisi siap,” ujarnya lagi. 

Ia juga mengimbau agar keamanan tempat tinggal dan jalanan dijaga. Dimana warga harus dijauhkan dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan semacamnya. 

”Insya Allah kita diberi kemudahan sehingga bisa menanggulangi permasahalan banjir ini sesegera mungkin. Camkan pesan ini dan segera laksanakan, semoga Allah SWT mengiringi, memudahkan dalam menjalankan tugas yang mulia ini.”

Anies juga berpesan kepada warga Jakarta agar menjaga kesehatan, keselamatan, dan keamaanan diri mereka. Ini penting agar mereka dapat bekerja dan warga terselamatkan. Menurut Anies, curah hujan tidak dapat dikendalikan, namun dampaknya dapat ditangani.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0