Jakarta Dikepung Banjir, Anies Diminta Kerja Serius :: Nusantaratv.com

Jakarta Dikepung Banjir, Anies Diminta Kerja Serius

Pompa-pompa air yang ada diminta Rian dipastikan beroperasi-tidaknya
Jakarta Dikepung Banjir, Anies Diminta Kerja Serius
Banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta lebih serius dalam menangani banjir. Hal ini disampaikan menyusul banjir yang menggenangi sebagian Ibu Kota, pasca hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019) sampai Rabu (1/1/2020). 

"Gubernur DKI harus serius menangani masalah banjir di DKI," ujar Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) Endriansah, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/1/2020). 

Anies diminta memastikan berfungsi-tidaknya seluruh pompa air milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan kementerian. Sebab melalui beroperasinya pompa-pompa inilah, air banjir Jakarta bisa surut. 

"Gubernur sidak dong masalah pompa-pompa air milik PU Air (Dinas Bina Marga/Dinas Sumber Daya Air DKI) apakah berjalan atau tidak," kata Rian, sapaan akrabnya. 

Instansi Pemprov terkait, diminta juga bekerja keras dan berperan aktif menangani banjir. Jajaran mereka diharapkan turun ke lapangan langsung, bukan hanya mendengar laporan. Hal ini guna memastikan masalah dan memahami solusinya. 

"Harus ada juga kesiagaan dan kesiapan untuk titik lokasi penampungan korban banjir. Dirikan dan siapkan logistik untuk dapur umum, posko kesehatan dan air bersih bagi pengungsi," tutur Rian. 

Bagi warga yang tinggal sekitar daerah aliran sungai (DAS) Ibu Kota seperti Sungai Ciliwung, diminta waspada. Mengingat hujan berlangsung di wilayah penyangga Jakarta, yang akibatnya air bisa mengalir masuk ke Jakarta melalui aliran sungai. 

Pemprov pun diharapkan melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk pemuda, guna mengatasi persoalan banjir Jakarta. Terlebih, masalah banjir bukan persoalan sederhana, sehingga perlu partisipasi semua pihak untuk menuntaskannya. 

"Pemda (pemerintah daerah) DKI Jakarta harus melibatkan unsur pemuda untuk menangani banjir, libatkan juga kaum muda agar semua bisa bersinergi dan menjadi tanggung jawab bersama. Mari kita bersinergi antara pemerintah, pemuda dan unsur-unsur terkait," imbuh Sekretaris Jenderal (Sekjen) FPPJ, Suhanda Sutanto. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1