Indonesia Diatur 42 Ribu Regulasi, Jokowi: Ditinggal Kita oleh Negara Lain :: Nusantaratv.com

Indonesia Diatur 42 Ribu Regulasi, Jokowi: Ditinggal Kita oleh Negara Lain

Banyaknya peraturan ini membuat pemerintah tak fleksibel dalam pembuatan kebijakan
Indonesia Diatur 42 Ribu Regulasi, Jokowi: Ditinggal Kita oleh Negara Lain
Presiden Jokowi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kesal terhadap banyaknya regulasi di Indonesia. Jumlah peraturan ini total mencapai 42 ribu aturan. 

Baca juga: Jokowi ke Pihak yang Senang Impor Migas: Kamu Hati-hati! 

"Sebagai informasi, regulasi yang disampaikan ke saya ada 42 ribu, kita ini diatur, tindakan-tindakan kita diatur, kita memutuskan apa diatur oleh 42 ribu regulasi," ujar Jokowi di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Banyaknya peraturan tersebut, menurut Jokowi, membuat pemerintah tak fleksibel dalam bekerja. Jokowi tak mau gara-gara hambatan ini Indonesia tertinggal dari negara lain.

"Bayangkan, mau ke sana ada peraturan mau ke sini enggak boleh, mau ke sana enggak boleh, diam saja, nggak mau saya, enggak. Ditinggal benar kita oleh negara lain, saya kira ini clear, jelas semua, jelas kan, arahnya ke mana," tuturnya. 

Karenanya Jokowi menggagas omnibus law guna menyederhanakan peraturan yang berbelit tersebut. Ia meminta pemerintah daerah turut menyederhanakan regulasi itu.

"Kita ingin bergerak cepat, daerah juga bisa mengajukan hal sama, revisi perda, perda yang menghambat, membebani, menyebabkan pimpinan daerah gubernur, bupati, wali kota ajukan saja, bareng-bareng, pangkas dan bapak-ibu bisa bekerja bareng lincah, fleksibel dalam perubahan nasional dan dunia, gunanya itu," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0