Evakuasi WNI di Wuhan, Wapres Ma'ruf Bilang RI Tunggu Sikap China :: Nusantaratv.com

Evakuasi WNI di Wuhan, Wapres Ma'ruf Bilang RI Tunggu Sikap China

Kendala evakuasi warga juga terjadi pada Amerika Serikat dan Jepang
Evakuasi WNI di Wuhan, Wapres Ma'ruf Bilang RI Tunggu Sikap China
Wapres Ma'ruf Amin.

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah telah aktif melakukan antisipasi penyebaran virus corona di titik-titik pos siaga, seperti bandara dan rumah sakit.

Baca juga: Wabah Virus Corona, GINSI Minta Pemerintah Perketat Impor Hortikultura dari China 

"Kita sudah menyiapkan antisipasi penanganannya, kalau misalnya ada yang datang kita sudah ada berbagai peralatan pendeteksi di airport dan juga rumah sakit," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Pemerintah, kata dia juga sudah menyiapkan langkah evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China. Tapi, proses evakuasi masih menanti sikap pemerintah China lantaran kota tersebut masih diisolasi.

"Sudah menyiapkan evakuasi itu, tetapi Wuhan ini menjadi daerah terisolir tak boleh masuk dan keluar, jadi semua masih menunggu sikap Tiongkok. Konsulat Amerika di sana juga belum bisa keluar, tim evakuasi dari Jepang juga sudah ngirim, tapi belum bisa masuk juga," tuturnya.

Ma'ruf menegaskan pemerintah takkan lepas tangan mengenai wabah virus corona. Seluruh warga Indonesia yang berada di Wuhan tetap diperhatikan kondisinya, seperti dengan mengirimkan logistik dan pemantauan secara intensif.

"Kita terus perhatikan anak-anak kita di Wuhan, rata-rata mereka pelajar, kita terus bantu logistiknya," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0